Satelit Telkom 3S yang berhasil diluncurkan pada Rabu 04.39 WIB yang lalu dari Guiana Space Center, Kota Kourou, Guyana Perancis dilaporkan telah memasuki tahap pembentangan panel surya. Panel surya ini digunakan sebagai sumber daya listrik yang dibutuhkan untuk mengatur operasional unit satelit.

Seperti diberitakan IndoTelko, meski panel surya telah bekerja, satelit yang digadang-gadang akan mampu mempersatukan Indonesia dari wilayah terluar, terdepan, dan terpencil (3T) ini masih belum beroperasi secara penuh. Karena masih terdapat beberapa tahap lagi sebelum akhirnya pada pertengahan April mendatang mampu beroperasi secara penuh di orbit 118 Bujur Timur.

Kepalay Proyek Satelit Telkom 3S, Tonda Priyanto mengungkapkan,"Setelah Apogee Kick Motor ketiga dinyalakan, tahapan berikutnya adalah deployment solar array (pembukaan panel surya) Satelit Telkom 3S. Semua berjalan normal."

Panel surya ini hanya akan bekerja bila menghadap ke arah matahari, untuk itu satelit buatan Thales Alenia Space bertipe Spacebus 4000b2 ini telah dilengkapi dengan sensor yang mencari arah cahaya. Sehingga mampu mencari arah matahari secara otomaris. Selain panel surya, satelit juga dilengkapi dengan sumber tenaga yang berdurasi belasan tahun yang merupakan bahan bakarnya agar dapat beroprasi.

Tonda juga menjelaskan bahwa bahwa setelah proses Apogee Kick Motor ketiga, satelit akan berputar di orbit geostasioner dengan sudut inklinasi 0 derajat. Artinya satelit telah berada di garis ekuator Bumi dan beredar, namun Satelit Telkom 3S belum berada di tempat "parkir" nya di orbit 118 Bujur Timur.

“Masih perlu manuver sekali lagi di tanggal 23 Februari untuk menempatkan di slot orbit 135.5 Bujur Timur dengan ketinggan yang diharapkan untuk test transponder C standard. Untuk manuver ini kita pakai roket kecil (thruster) yang akan dipakai seumur hidup untuk menjaga posisi (attitude) satelit,” jelasnya.

Satelit Telkom 3S sendiri harus melalui beberapa tahapan yang panjang sebelum akhirnya beroperasi penuh. Seperti apa proses-proses tersebut? Kawan bisa menyimaknya lewat video berikut


Sumber : IndoTelko

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu