Friends of the Gamelan, Komunitas Pembelajar Gamelan Asal Amerika Serikat

Friends of the Gamelan, Komunitas Pembelajar Gamelan Asal Amerika Serikat
info gambar utama

Gamelan adalah ensembel musik yang berasal dari masa Hindu-Budha. Instrumen musik Jawa ini mewakili seni asli Indonesia.

Gamelan menjadi bagian dari mata kuliah di sekolah formal. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta misalnya, mengajarkan gamelan pada program sarjana Jurusan Seni Karawitan di Fakultas Seni Pertunjukan. Namun tak hanya di Indonesia, gamelan juga dipelajari di berbagai jenjang pendidikan di luar negeri, formal maupun tidak.

Suatu hari di tahun 1893, Chicago selenggarakan pameran untuk peringati 400 tahun penemuan Christopher Colombus akan "dunia baru". Pameran yang disebut Chicago World's Fair ini, salah satunya memamerkan Hindia Belanda sebagai bagian dari penemuan tersebut.

Demi memberi gambaran utuh terhadap negeri Hindia Belanda tersebut, dalam pameran ini dibangun pondok kayu ala Jawa, lengkap dengan pertunjukan gamelan. Hingga hari ini The Field Museum of Natural History di Chicago melestarikan seluruh instalasi yang dipamerkan, termasuk gamelan tersebut.

Di akhir 1970an sekelompok musisi melakukan pertemuan rutin di The Field Museum of Natural History, dan mereka memainkan gamelan yang menjadi koleksi museum. 10 tahun kemudian mereka menempah gamelan sendiri langsung dari Surakarta, Indonesia, dan menamai grup musik tersebut dengan Friends of the Gamelan (FRoG).

FRoG berasal dari Kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat merupakan salah satu komunitas pembelajar gamelan terbesar di luar Indonesia. Selain mengadakan pelatihan rutin, FRoG juga melakukan berbagai pertunjukan, termasuk pertunjukan tahunan paling ditunggu: Annual Spring Concert yang selalu mendatangkan seniman gamelan dari Indonesia sebagai bintang tamu.

Ratusan pertunjukan gamelan telah mereka lakukan sejak 1978. Atas dedikasinya memperkenalkan kesenian Indonesia, Konsulat Jenderal RI di Chicago memberikan penghargaan Duta Budaya pada FRoG pada 2016 lalu. [Baca: Konjen RI di Chicago Jadi Dewan Direksi Komunitas Gamelan Amerika Serikat]

Dari berbagai sumber.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini