Konjen RI di Chicago Jadi Dewan Direksi Komunitas Gamelan Amerika Serikat

Konjen RI di Chicago Jadi Dewan Direksi Komunitas Gamelan Amerika Serikat

Pasca Konser Friends of The Gamelan di Old Town School Music Chicago 2017 (Kemlu)

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Kecintaan akan Gamelan di luar negeri agaknya semakin banyak, setelah beberapa kali gamelan berhasil menghipnotis pendengarnya seperti di London melalui Ghost of Gamelan, kali ini di Negeri Paman Sam, Indonesia didaulat menjadi Dewan Direktur Friends of The Gamelan.

Diberitakan di halaman resmi perwakilan Indonesia di Chicago melalui website Kementerian Luar Negeri Indonesia Rosmawati Chalid, seorang Konsulat Jenderal Indonesia di Chicago mendapat kehormatan untuk menjadi dewan direktur Friends of the Gamelan (FRoG).

FRoG merupakan sebuah organisasi non-profit yang dibentuk sejak tahun 1980 dan memiliki anggota dari berbagai latar belakang usia, pekerjaan dan warga negara, namun hampir seluruh anggota FRoG merupakan warga Amerika Serikat. FRoG memiliki agenda tahunan untuk melakukan workshop pelatihan gamelan yang dilakukan secara reguler di Hyde Park Union Church dan juga melakukan konser gamelan seperti Spring Gamelan Concert yang diadakan pada 14 Mei 2016 lalu, dipimpin oleh Heri Purwanto, seorang dosen tamu gamelan Jawa di Earlham College Indiana. Pada konser tersebut, seorang peserta program Darmasiswa bernama Alex Yoffe juga ikut andil dalam konser tersebut setelah belajar gamelan selama setahun di Surakarta. RFoG sendiri juga telah menjalin hubungan erat dengan Konsulat Republik Indonesia di Chicago.

Kehormatan dalam menjadi dewan direktur di FroG ini merupakan pertama kali sejak FroG berdiri tiga dasawarsa lalu. KJRI berharap dengan posisi ini dapat meningkatkan promosi seni budaya Indonesia melalui kesenian Gamelan di wilayah Chicago. Pada nantinya, Konjen RI akan bertindak sebagai direktur ex-officio yang memungkinkan posisi ini akan dijabat oleh Konjen RI terlepas siapapun yang menjabat setelah Rosmawati Chalid.

Konjen Rosmawati menilai pentingnya koorinasi yang lebih erat antara KJRI dengan FRoG untuk mempromosikan kesenian Indonesia, khususnya gamelan. Untuk itu, KJRI sendiri telah menyiapkan beberapa kegiatan dalam mempromosikan kesenian gamelan yang melibatkan FRoG. KJRI sendiri juga telah menjalin hubungan dengan Old Town School of Folk Music Chicago, sebuah organisasi non-profit yang juga merupakan lembaga pengajaran untuk music folk. Hal ini adalah bentuk keseriusan dari KJRI dalam mendukung promosi kesenian Indonesia di Amerika Serikat.

KJRI Chicago selama ini telah memberi dukungan untuk setiap kegiatan yang diadakan oleh FRoG seperti penganugerahan Duta Budaya Award kepada FroG dalam acara Remarkable Indonesia Fair 2016 sebagai penghargaan atas dedikasinya menjalin hubungan baik dengan Indonesia.

Sumber : Kementerian Luar Negeri

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Film The Raid Versi Hollywood Segera Dibuat Sebelummnya

Film The Raid Versi Hollywood Segera Dibuat

Sejarah Hari Ini (4 Agustus 1956) - Uji Coba Bus Ikarus, Transportasi Baru Jakarta Asal Hungaria Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (4 Agustus 1956) - Uji Coba Bus Ikarus, Transportasi Baru Jakarta Asal Hungaria

adli hazmi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.