Namanya Pantai Pabrik, SurgaTersembunyi Diujung Pulau Bangka

Namanya Pantai Pabrik, SurgaTersembunyi Diujung Pulau Bangka

Dokumen pribadi

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Jika sudah bosan ke pantai yang ramai di Bangka, mari ke tempat yang lain. Kali ini namanya Pantai Tanjung Pabrik. Cantik dan asri!

Satu lagi pantai cantik yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di ujung barat Pulau Bangka. Namanya adalah Pantai Tanjung Pabrik. Nama yang sedikit agak unik untuk sebuah pantai.

Namun jangan salah. Sekalipun namanya jauh dari kesan alami, di pantai ini tak ada satu pun bangunan dengan cerobong yang senantiasa mengeluarkan asap ke udara. Sebaliknya, pengunjung yang datang akan disambut dengan cantiknya sebuah perbukitan yang menyatu dengan pantai di bawahnya. Pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi lagi menjulang tinggi, pun turut mengucapkan selamat datang dengan ramah. Begitulah gambaran sederhana tentang Pantai Tanjung Pabrik.

Pantai ini terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Secara geografis, letaknya persis di balik perbukitan yang terletak di sebelah timur Pantai Siangau, pantai lain yang tak kalah mempesona di kabupaten paling barat Pulau Bangka itu.

Satu hal yang menarik di pantai ini, yakni suasana pantai yang begitu sunyi. Berada di pantai yang tidak begitu panjang ini, serasa berada di pantai milik pribadi. Bila ingin menenangkan diri setelah lelah menjalani rutinitas, pantai ini cocok untuk didatangi.

Seperti pantai di Pulau Bangka pada umumnya, pantai ini pun menyajikan pemandangan berupa perpaduan antara air laut yang biru lagi bening, pasir pantai yang putih lagi halus bak terigu, dan tentunya dengan batu-batu granit beragam ukuran yang bertebaran di sana-sini.

Satu hal yang unik, pantai ini terletak di bawah sebuah bukit yang lumayan tinggi. Selain itu, di atas bukit yang menjadi pintu masuk menuju pantai, sudah berdiri beberapa buah bangunan menyerupai semacam villa dengan bahan utama kayu.

Secara umum, pemandangan di Pantai Tanjung Pabrik memang tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Pulau Bangka, termasuk soal batu-batu granit yang bertebaran bak dilempar begitu saja oleh Sang Maha Pencipta. Hanya saja, ada satu hal yang istimewa di pantai ini, yakni pemandangan berupa perpaduan antara perbukitan yang menjulang tinggi dengan batu-batu granit yang menyebar di permukaan pantai bak permadani.

Landskap pantai yang lebih menyerupai sebuah teluk, membuat ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi bahkan relatif agak tenang. Alhasil, pengunjung pun bisa menikmati eksotisme pantai ini seraya berendam di airnya yang jernih. Sekalipun demikian, diharapkan untuk selalu tetap berhati-hati. Karena masih banyak karang-karang yang bisa melukai kaki.

Melihat pemandangan yang begitu elok, Pantai Tanjung Pabrik sebetulnya berpotensi mendatangkan wisatawan bila dikembangkan. Sayang, akses jalan menuju pantai ini belum dilapisi aspal.

Untuk bisa sampai di pantai ini, pengunjung harus melewati jalan tanah kuning yang membelah diantara perkebunan warga. Selain genangan air yang membuat jalan menjadi becek pada musim hujan, jalannya juga sempit dengan lubang menganga di sana-sini. Semoga, pemerintah daerah setempat bisa membangun jalan menuju pantai ini, agar pariwisata di Pulau Bangka bisa semakin bergeliat.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih17%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli17%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Setetes Kesegaran Es Selendang Mayang di Tengah Teriknya Jakarta Sebelummnya

Setetes Kesegaran Es Selendang Mayang di Tengah Teriknya Jakarta

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan Selanjutnya

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan

Agus Elmansyah
@aguselmansyah

Agus Elmansyah

aguselmansyah.blogspot.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.