Namanya Pantai Pabrik, SurgaTersembunyi Diujung Pulau Bangka

Namanya Pantai Pabrik, SurgaTersembunyi Diujung Pulau Bangka
info gambar utama

Jika sudah bosan ke pantai yang ramai di Bangka, mari ke tempat yang lain. Kali ini namanya Pantai Tanjung Pabrik. Cantik dan asri!

Satu lagi pantai cantik yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di ujung barat Pulau Bangka. Namanya adalah Pantai Tanjung Pabrik. Nama yang sedikit agak unik untuk sebuah pantai.

Namun jangan salah. Sekalipun namanya jauh dari kesan alami, di pantai ini tak ada satu pun bangunan dengan cerobong yang senantiasa mengeluarkan asap ke udara. Sebaliknya, pengunjung yang datang akan disambut dengan cantiknya sebuah perbukitan yang menyatu dengan pantai di bawahnya. Pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi lagi menjulang tinggi, pun turut mengucapkan selamat datang dengan ramah. Begitulah gambaran sederhana tentang Pantai Tanjung Pabrik.

Pantai ini terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Secara geografis, letaknya persis di balik perbukitan yang terletak di sebelah timur Pantai Siangau, pantai lain yang tak kalah mempesona di kabupaten paling barat Pulau Bangka itu.

Satu hal yang menarik di pantai ini, yakni suasana pantai yang begitu sunyi. Berada di pantai yang tidak begitu panjang ini, serasa berada di pantai milik pribadi. Bila ingin menenangkan diri setelah lelah menjalani rutinitas, pantai ini cocok untuk didatangi.

Seperti pantai di Pulau Bangka pada umumnya, pantai ini pun menyajikan pemandangan berupa perpaduan antara air laut yang biru lagi bening, pasir pantai yang putih lagi halus bak terigu, dan tentunya dengan batu-batu granit beragam ukuran yang bertebaran di sana-sini.

Satu hal yang unik, pantai ini terletak di bawah sebuah bukit yang lumayan tinggi. Selain itu, di atas bukit yang menjadi pintu masuk menuju pantai, sudah berdiri beberapa buah bangunan menyerupai semacam villa dengan bahan utama kayu.

Secara umum, pemandangan di Pantai Tanjung Pabrik memang tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Pulau Bangka, termasuk soal batu-batu granit yang bertebaran bak dilempar begitu saja oleh Sang Maha Pencipta. Hanya saja, ada satu hal yang istimewa di pantai ini, yakni pemandangan berupa perpaduan antara perbukitan yang menjulang tinggi dengan batu-batu granit yang menyebar di permukaan pantai bak permadani.

Landskap pantai yang lebih menyerupai sebuah teluk, membuat ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi bahkan relatif agak tenang. Alhasil, pengunjung pun bisa menikmati eksotisme pantai ini seraya berendam di airnya yang jernih. Sekalipun demikian, diharapkan untuk selalu tetap berhati-hati. Karena masih banyak karang-karang yang bisa melukai kaki.

Melihat pemandangan yang begitu elok, Pantai Tanjung Pabrik sebetulnya berpotensi mendatangkan wisatawan bila dikembangkan. Sayang, akses jalan menuju pantai ini belum dilapisi aspal.

Untuk bisa sampai di pantai ini, pengunjung harus melewati jalan tanah kuning yang membelah diantara perkebunan warga. Selain genangan air yang membuat jalan menjadi becek pada musim hujan, jalannya juga sempit dengan lubang menganga di sana-sini. Semoga, pemerintah daerah setempat bisa membangun jalan menuju pantai ini, agar pariwisata di Pulau Bangka bisa semakin bergeliat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini