Yuk, Jadi Teman Taman Laut Indonesia lewat aplikasi Handphone!

Yuk, Jadi Teman Taman Laut Indonesia lewat aplikasi Handphone!
info gambar utama

Kita tentu tahu bahwa negeri ini dikaruniai keindahan bahari yang luar biasa dengan perairan nusantara yang memegang peranan penting. Keberagaman Sumber daya alam dan ekosistem laut tentunya harus dijaga dengan baik agar tetap lestari. Kawasan konservasi bahari bukan hanya menjadi tanggung jawab mereka yang bekerja di bidang tersebut, melainkan seluruh warga Indonesia.

Dan kini, hal tersebut sudah bisa diwujudkan. Masing – masing dari kita bisa mengenal dan ikut mengawasi keberlangsungan kawasan konservasi bahari indonesia lewat aplikasi mobile phone berbasis android dan ios bernama “Marine Buddies.” Dihadirkan oleh World Wildlife Fund (WWF) Indonesia sebagai bagian dair kampanye bertajuk #TemanTamanLaut, seluruh masyarakat diajak untuk ikut mengawasi penjagaan dan perlindungan kawasan konservasi dari taman – taman laut yang ada di negeri ini.

"Aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya melibatkan publik dalam mengawasi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam," tutur Plt CEO WWF Indonesia, Benja Victor Mambai seperti dilansir dari kompas.com.

Lewat aplikasi ini, kita bisa terlibat dan berkontribusi langsung dengan menilai kondisi sebuah kawasan konservasi bahari, mengawasi pengelolaan serta bisa melaporkan kegiatan – kegiatan tidak bertanggung jawab yang terjadi di kawasan tersebut misalnya vandalisme, perusakan habitat laut dan sebagainya.

"Kontribusi masyarakat melalui penilaian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mewujudkan pengelolaan kawasan yang efektif dan bermanfaat," tambah Benja.

Acara peluncuran aplikasi andoid Marine Buddies WWF bagi masyarakat umum untuk pemantauan kawasan konservasi laut di Indonesia. (mongabay.co.id)
info gambar

Lewat kampanya #TemanTamanLaut, kita diajak untuk memulai langkah perlindungan taman laut dengan tiga cara, yaitu mengunjungi dan mendukung penerapan praktik aktivitas bahari yang bertanggung jawab; serta mengawasi pengelolaan kawasan konservasi bahari dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab.

Dengan langkah sederhana, mari menjadi bagian dari perlindungan ekosistem laut negeri ini. untuk kita, untuk anak cucu kita..


Sumber :kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini