Lupa Sandi?

Inilah Para Influencer Asal Indonesia yang Meraih Nominasi Sebagai Best Influencer se-Asia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Inilah Para Influencer Asal Indonesia yang Meraih Nominasi Sebagai Best Influencer se-Asia

Hadirnya sosial media mengubah cara netizen untuk mengkonsumsi konten. Para content creator dan influencer pun bermunculan untuk menghadirkan konten-konten yang berkualitas untuk setiap audiens, mulai dari gaya hidup, fesyen, hingga parenting. Di Indonesia, sebut saja Anjasmara, Dian Pelangi, Keenan Pearce ataupun Ria Miranda muncul sebagai sosok influencer berpengaruh. Mereka dipandang sebagai para pembawa pesan dan pemimpin opini (opinion leader) yang akan membuat dunia menjadi lebih baik di masa depan. Potensi sebagai pemimpin opini tersebutlah yang kemudian dicermati oleh Gushcloud yang berinisiatif untuk memberikan penghargaan bagi mereka, lewat Influence Asia 2017 yang diadakan pada 8 April 2017 mendatang di Kuala Lumpur Malaysia. 

Setelah sukses menggelar penghargaan serupa dua tahun yang lalu, Gushcloud tahun ini memutuskan untuk melanjutkan ajang yang sama untuk para influencer di tujuh negara yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Korea Selatan. Vietnam dan Korea Selatan merupakan dua negara baru yang tahun ini diikutsertakan untuk membawa skala penghargaan ini menjadi lebih besar, se-Asia, setelah sebelumnya hanya lingkup ASEAN. 

Pada ajang penghargaan tahun ini terdapat sembilan kategori yang dinominasikan yakni food, fitness, beauty, lifestyle, fashion, parenting, youtube channel, youtube personality dan breakout influencer. Dalam setiap kategori tersebut, akan ada empat influencer terbaik dari setiap negara yang menjadi nominator dan diundang hadir ke malam penghargaan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 8 April 2017. 

Executive Producer dari Influence Asia 2017, Althea Lim mengungkapkan bahwa ajang ini merupakan upaya untuk memberikan wadah yang tepat bagi para profesional influencer dan content creator di Asia. 

Baca Juga

"Saat ini para influencer dan content creator masih belum mendapat tempat yang tepat di industri. Oleh karena itu kami berharap agar Influence Asia mampu memperjelasnya. Dan membuat profesi influencer maupun content creator dapat diakui dan sustainable," jelas Althea saat acara Influence Asia Event Launching di Brewerkz, Senayan City sore tadi. 

Althea juga mengungkapkan bahwa pada Influence Asia tahun ini yang mengusung tema "For The Future" bermaksud untuk mendorong para influencer mampu memberikan pengaruh yang positif bagi masa depan. Alasannya adalah karena generasi yang akan datang akan menonton dan membaca konten lewat media-media yang berbeda dari saat ini. "Televisi tidak lagi menjadi influence yang kuat bagi generasi saat ini, mereka banyak melihat sosial media dan dipengaruhi oleh rekomendasi teman," ungkapya.

Alasan yang disebutkan oleh Althea itu pula yang kemudian membuat Influence Asia untuk menghadirkan para juri dari setiap negara untuk menilai para influencer-influencer terbaik. Juri dari Indonesia tersebut adalah Diana Riaya, Media Manager dari Beiersdorf, Aldrich Gopal, Marketing Manager dari PnG Indonesia, Dwiangga Satrya, Country Manager Nestle Indonesia, Agustini Rahayu, Deputy Director International Marketing Communication, Kementerian Pariwisata RI dan Bernando Tampubolon, Indonesia FMCG Marketer. Mereka adalah para juri yang menilai konten-konten terbaik dari para influencer yang telah diakui oleh brand terkemuka dan memiliki nilai interaksi dan menjadi perhatian bagi para audiensnya. 

Dari hasil penjurian, diperoleh 36 nama dari Indonesia yang akan mendapat nominasi sebagai influencer terbaik disetiap kategorinya. Mereka adalah Lizzie Parra, Nanda Arsyinta, Cindercella, Bubah Alfian di kategori Beauty. Kemudian Diana Rikasari, Jenahara, Dian Pelangi, Ria Miranda di kategori Fashion. Nama Tiara Pangestika, Shirin Al Athrus, Keenan Pearce, dan Elle Yamada muncul di kategori Lifestyle. Di kategori Parenting, nama Jennifer Bachdim, Sigi Wimala, Ria Miranda dan Ayasha Putri muncul sebagai nominator. Selanjutnya di kategori Health & Fitness terdapat Maria Selena, Melanie Putria, Anjasmara dan Sigi Wimala. Sedangkan di kategori Food, terpilih Jiewa Vieri, Anak Jajan, Stanislaus Hans dan Fellaxandro Ruby.

Kemudian untuk Youtube Channel yang menjadi nominator adalah Tim2One, EdhoZell, SkinnyIndonesia24, dan Arief Muhamma. Sedangkan influencer yang menjadi nominator untuk Youtube Personality adalah Arief Muhammad, Salshabilla, Chandra Liow, dan Edho Zell. 

Selain itu, terdapat pula kategori untuk pendatang baru di dunia influencer yakni Breakout Influencer yang memunculkan nama Kaesang, Rachel Vennya, Jennifer Bachdim, dan Tiara Pangestika. 

Nama-nama tersebut merupakan perwakilan Indonesia yang akan menjadi nominator pada Influence Asia tahun ini.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

"Kami berharap Influence Asia tahun ini membuat orang sadar betapa pentingnya industri ini, kami juga berharap untuk dapat mendorong industri ini ke dunia marketing di wilayah Asia. Acara ini akan menjadi event biennial untuk membuka jalan pada industri dalam jangka panjang," kata Managing Director Gushcloud Indonesia, Oddie Randa. 

Acara malam penghargaan Influence Asia 2017 sendiri akan dimeriahkan dengan penampilan dari artis-artis regional dan internasional. Termasuk salah satunya dari Indonesia adalah penyanyi kelahiran Bukittinggi yang terkenal dengan singlenya yang berjudul Gajah, Muhammad Tulus.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang63%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara