Jajanan yang Selalu Ada di Depan Sekolah Kita Dulu...

Jajanan yang Selalu Ada di Depan Sekolah Kita Dulu...
info gambar utama

Masa kecil memang menyimpan banyak kenangan, apalagi jika kita sudah beranjak pada usia kuliah maupun kerja. Kita tak akan bisa mengulang masa itu kembali karena waktu adalah hal yang berjalan satu arah saja. Meskipun kita tidak bisa mengulang kembali waktu kita kecil, setidaknya kita bisa bernostalgia, memutar kembali memori kita pada jaman kecil dulu.

Teringatkah kita ketika menginjak masa Sekolah Dasar (SD), kita selalu disuguhi jajanan dari penjual yang setia menjajakkan panganannya di halaman sekolah maupun di luar sekolah kita. Mungkin jajanan-jajanan tersebut akan memanggil rasa rindu kita pada masa itu, yuk kita sedikit bernostalgia dengan jajanan SD kita dahulu

1. Sate Telur Gulung

Sate Telur Gulung (Sumber : Cookpad)
info gambar

Jajanan ini pada dasarnya hanya telur dadar yang digoreng di wajan dan kemudian digulung dengan menggunakan tusukan dari kayu, namun entah mengapa rasa nya akan berbeda ketka kita membuatnya sendiri dirumah. Abang penjual makanan ini mungkin memiliki resep sendiri dengan memasukkan penyedap rasa ketika dia mengocok telur didalam gelas sebelum dituangkan ke minyak gorengnya. Jajanan ini menjadi ikonik hingga sekarang meskipun harganya sekarang adalah 2000 Rupiah per tusuk.

2. Anak Mas

Mie Anak Mas (Sumber Wovgo)
info gambar

Anak Mas adalah mie yang diproduksi oleh Indofood dan digemari oleh anak-anak SD pada tahun 90an, tidak seperti mie yang kita makan dimana kita harus merebusnya, Anak Mas dimakan dalam keadaan mentah, bumbu dimasukkan kedalam dan diremas sebelum dimakan.

3. Telur Puyuh Dadar

Menjadi Salah Satu Yang Paling Diminati, Telur Puyuh Dadar (Sumber : Okezone Lifestyle)
info gambar

Kerap berada di halaman maupun depan SD kita, penjual telur puyuh dadar membuat telur dadarnya dengan cetakan sehingga membentuk telur berbentuk unik berbahan dasar telur puyuh yang sangat digemari anak SD.

4.Lidi-Lidian

Lidi-Lidian Pedas yang Biasa Buat Cemilan (Sumber : Tokopedia)
info gambar

Popularitas lidi-lidian agaknya masih terjaga hingga sekarang. Lidi-lidian ini terbuat dari tepung terigu dengan dicampur baking powder dan putih telur ayam dan berbentuk seperti lidi. Lidi-lidian memiliki 2 rasa, yakni asin dan pedas. Rasa pedas agaknya lebih diminati oleh konsumen dari anak-anak hingga remaja.

5. Agar-Agar

Agar-Agar Enak Menjadi Jajanan Yang Digandrungi (Sumber : Popular)
info gambar

Agar-agar pada zaman SD sangat digemari karena berwarna mencolok dan terasa enak. Jajanan ini pun memiliki bentuk yang unik karena cetakannya. Agar-agar merupakan salah satu jajanan sehat karena tidak mengandung pewarna makanan yang berbahaya.

6.Es Gabus Pelangi

Es Gabus Pelangi (Sumber : Cookpad)
info gambar

Berwarna-warni seperti pelangi dan ketika digigit terasa empuk seperti memakan gabus. Es gabus pelangi terbuat dari santan, tepung hunkwe dan juga pewarna makanan. Jajanan sering menjadi primadona kala SD dahulu karena warnanya yang memikat.

7. Es Kado

Es Kado yang Memikat Mata (Sumber : Hype)
info gambar

Terbungkus dengan kertas yang memiliki corak unik seperti kado es kotak berbahan dasar santan dan susu ini cukup menjadi pilihan utama ketika jam istirahat sekolah. Es ini ditusukkan dengan stik kayu dan cukup lezat serta sehat karena tidak mengandung bahan herbal.

Jajanan-jajanan tersebut saat ini masih eksis bertandang di depan sekolah-sekolah. Tapi kita tentu harus awas dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya apakah sehat, bergizi, dan aman bagi tubuh. Pastinya supaya lebih aman, kita bisa membuat jajanan-jajanan tersebut sendiri di rumah dan dijadikan bekal untuk adik-adik kita di sekolah.

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini