Lupa Sandi?

Sri Baduga, Taman Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Sri Baduga, Taman Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Tak perlu jauh jauh ke Dubai maupun Singapura untuk menikmati wahana wisata air mancur yang indah dan menakjubkan. Di Purwakarta, Jawa Barat, tepatnya di kawasan wisata Situ Buleud telah hadir sebauh Taman Wisata yang tak kalah menarik. Sri Baduga, taman air mancur menari ini menawarkan pesona yang tidak kalah dengan yang di luar negeri. Terlebih lagi, taman air mancur ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Taman air mancur seluas dua hektar tersebut merupakan hasil karya seorang anak bangsa asli Purwakarta. Teknologi Air Mancur menari yang tidak kalah dengan yang ada di luar negeri ini merupakan hasil karya seorang pemuda bernama Heri. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. "‎Kita ingin menampilkan bahwa bukan hanya Dubai dan Singpura saja yang punya teknologi canggih. Di kampung kecil yang namanya Purwakarta ada seorang pria bernama Heri, dia lulusan STM yang enggak pernah kuliah, tapi bisa bikin kayak begini," tandasnya.

(kompas.com)
(kompas.com)

Di taman air mancur ini, pengunjung bisa menikmati keindahan air mancur yang menari - nari dengan sorotan lamu berwarna – warni.  Taman ini buka setiap hari, sementara khusus untuk pertunjukkan air mancur enari dilakukan setiap hari sabtu malam. Lebih menariknya, para pengunjung tidak dipungut biaya apa – apa untk menyaksikan pertunjukan tersebut. Biaya pertunjukan selama dua sesi yaitu pada pukul 19.00 WIB dan 21.30 WIB tersebut diabil dari keuntungan kerja sama dengan para pedagag di dalam kawasan Taman Air Mancur Sri Baduga.

Atraksi air mancur yang menari – nari indah mengikuti alunan musik disertai pancaran sinar berwarna – warni yang diarahkan ke air mancur tersebut menjadi daya tarik yang cukup luar biasa. Adakala, sinar laser yang ditembak dari luar danau menghadirkan visualisasi tiga dimensi dengan beragam bentuk di deretan air mancur yang menyembur membentuk dinding. Pada hari peresmiannya, atraksi tersebut sukses mendulang decak kagum dari berbagai pihak.  

Baca Juga

Tidak heran, kekaguman akan taman air mancur ini menempatkannya sebagai salah satu dari lima destinasi  pariwisata unggulan di Indonesia. "Taman Sri Baduga masuk top five destination pariwisata Indonesia. Masyarakat Purwakarta harus bangga karena punya taman terbesar dan terindah se-Asia Tenggara," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam peresmian tahap ketiga Taman Air Mancur Sri Baduga, februari lalu.  

Satu sesi pertunjukkan Air Mancur Menari memakan waktu 25  menit. Pengunjung pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari air minum gratis hingga area selfie khusus yang akan memangkap momen – momen menakjubkan  ketika pengunjung menikmati pertunjukkan. Tidak hanya itu, patung berukuran besar di tengah – tengah air mancur tersebut menambah keindahan dan kemegahan Taman Air Mancur Sri Baduga.  


Sumber : National Geographic Indonesia detik.com indonesia-tourism.com 

Pilih BanggaBangga79%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau18%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie