Lupa Sandi?

Un-usual Medsos: Kapoocino

Hasan Irsyad
Hasan Irsyad
0 Komentar
Un-usual Medsos: Kapoocino

 Kali ini saya mau berbagi informasi mengenai sebuah media sosial yang un-usual. Mengapa un-usual? Sebab kalau di “usual medsos” biasanya kita cuma bisa curcol via status, berbagi foto, atau paling banter pamer video, medsos yang satu ini menawarkan sesuatu yang tidak biasa. Apa itu? Di sini kita bisa main tebak-tebakan bersama teman dengan kuis-kuisnya.

Yang dimaksudkan bukan cuma menjawab kuis lho, ya! Yang membuatnya menarik, kita bisa membuat kuis sendiri di sini, dan membagikannya kepada teman-teman kita.

Medsos ini namanya Kapoocino. Dengan menjadikan kuis sebagai basis layanannya, Kapoocino menawarkan keseruan bermedsos yang lain daripada yang lain. Kita bisa saling mengetes pengetahuan dengan teman, bermain tebak-tebakan, atau sekedar membuat pertanyaan untuk seru-seruan.

Jangan khawatir akan ribet untuk memposting kuismu di sini. Sama sekali nggak! Fitur-fitur Kapoocino sangat mudah digunakan. Daripada diterangkan panjang lebar cara penggunaannya di sini, lebih baik kamu jajal langsung Kapoocino dengan mendownload aplikasinya lewat App Store atau Google Play. Cara pakainya gampang banget, kok! Dan seru tentunya!

Ada dua tipe kuis yang bisa kita buat. Pertama kuis dengan opsi jawaban pilihan ganda, yang paling sedikit harus memiliki dua opsi pilihan, bisa lebih. Yang kedua kita bisa buat kuis dengan jawaban langsung, alias penjawab harus mengetikkan jawabannya sendiri di kolom jawaban. Tapi kalau dari subjektif penulis, sih, lebih asyik kalo bikin yang pilihan ganda. Tapi ini subjektif lho, ya! Kita juga bisa tambahkan gambar-gambar lucu untuk merespon jawaban teman; baik jawaban benar maupun jawaban salah.

Selain membuat kuis sendiri, tentu saja kita juga bisa menjawab kuis-kuis yang dibuat oleh teman-teman kita, lalu saling memberikan komentar. Silakan saja marah-marah kepada temanmu lewat kolom komentar kalau kuis yang dia buat kelewat ngaco. Asal marah-marahnya tetap dalam suasana keakraban saja, ya! Kan namanya media sosial. Jadi tujuan kita untuk mencari teman, bukan mencari musuh.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Kapoocino adalah ‘kapost’. Di sini kita bisa berbagi aktifitas sehari-hari melalui tulisan, gambar, atau video. Yang hobi fotografi boleh memamerkan hasil jepretannya di sini. Atau yang berjiwa pujangga, silakan saja posting puisi-puisi terbaik yang romantis, puitis, lagi melodramatis. Eaaak....

Fitur ‘kapost’ ini sebenarnya adalah “usual fitur” yang pasti juga ada di semua “usual medsos”. Jadi intinya “un-usual medsos” ini tidak melupakan ke-usual-an yang memang harus ada pada sebuah medsos.

Terbaru, Kapoocino juga memperkenalkan fitur untuk melakukan pemungutan suara alias polling. Jadi misalkan kamu punya dua orang teman baik lagi keren dan bingung yang mana yang mau kamu jadiin pacar, kamu bisa minta pendapat pada teman-temanmu lewat ‘poll’ di Kapoocino ini. Tapi itu misal, lho, ya! Misalkan ada dua orang teman baik, dan yang terpenting misalkan mereka mau jadi pacarmu. Hehe!!!

Fitul ‘poll’ ini bisa kamu atur dengan batas waktu tertentu. Bisa dalam hitungan beberapa menit, beberapa jam, atau beberapa hari. Setelah batas waktu itu habis, polling akan ditutup secara otomatis, dan hasilnya akan ditampakkan.

Saat ini layanan Kapoocino baru tersedia untuk smartphone berbasis android dan iOS. Memang cukup disayangkan kita belum bisa memainkannya via PC, sebab versi webnya masih dalam pengembangan. Tapi bisa memainkannya lewat smartphone saja sudah cukup, kok. Hari gini, tren main medsos memang lebih banyak menggunakan hp daripada menggunakan PC.

Ada satu hal terakhir yang membuat kita layak untuk mendukung Kapoocino ini. Sebab, media sosial un-usual yang sudah kita perbincangkan panjang lebar ini ternyata adalah produk asli dalam negeri. Made in Indonesia asli, lho! Bukan bikinan luar negeri yang dibeli orang kaya Indonesia, bukan juga dibuat orang Indonesia dengan dana dari infestor luar negeri. Makanya, kita harus bangga dengan medsos yang satu ini. Cara untuk menunjukkan kebanggaan kita, yang paling utama tentunya adalah dengan memakainya.

Masa orang Indonesia tidak mau pakai media sosial Indonesia sendiri?(Ha_Iy)

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG HASAN IRSYAD

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata