Lupa Sandi?

Fun Facts : Hal Unik yang Ada di Indonesia

adli hazmi
adli hazmi
0 Komentar
Fun Facts : Hal Unik yang Ada di Indonesia

Indonesia memiliki banyak hal yang bisa diulik, mulai dari kebudayaan, kekayaan alam, makanan dan tempat pariwisata. Kali ini, kita akan membahas 5 hal unik yang ada di Indonesia dan mungkin hanya ada di Indonesia. Apa saja,ya?

  1. Ojek Palang Tasikmalaya
Ojek Palang beraksi (Sumber : Dailymoslem)
Ojek Palang beraksi (Sumber : Dailymoslem)

Ojek merupakan angkutan yang sudah ada di Indonesia sejak lama. Transportasi umum bermoda motor ini biasanya hanya bisa mengangkut 1 orang. Namun ojek di Tasikmalaya ini berbeda karena mampu mengangkut 9 orang sekaligus!

Sama halnya dengan ojek biasa, angkutan yang disebut juga dengan Ojek Palang ini di bagian kanan dan kiri motor dimodifikasi dengan menambahkan badan baru dari kayu maupun besi sehingga dapat mengangkut orang lebih banyak. Tidak hanya itu, ojek palang juga biasa digunakan untuk mengangkut kayu hasil tebangan di daerah Tasikmalaya.

  1. Kebiasaan ‘nginang’
Seorang nenek sedang melakukan nginang (sumber : Sisi Positif - blogger)
Seorang nenek sedang melakukan nginang (sumber : Sisi Positif - blogger)

Jika kita pernah melihat orang tua yang mengunyah sesuatu dimulutnya, itu bisa disebut dengan Nginang. Tradisi ini sudah berlangsung cukup lama. Nginang dilakukan dengan cara meramu daun sirih dengan tembakau, kapur, gambir dan buah pinang lalu dikunyah. Efek dari mengunyah daun sirih ini dapat dilihat dari air liur dan mulut yang terlihat memerah karena ramuan tadi.orang dahulu percaya bahwa nginang mampu memperkuat gigi, namun seiring berjalannya jaman tradisi ini mula terkikis.

Baca Juga
  1. Kerokan
Superman Kerokan (Sumber : Hipwee)
Ilustrasi Kerokan (Sumber : Hipwee)

Kerokan tidak asing lagi bagi orang Indonesia karena memang bisa disebut sudah mendarah daging praktiknya. Kerokan pun bisa dibilang hanya ada di Indonesia. Biasanya orang melakukan kerokan ketika seseorang terkena masuk angin dimana ternyata masuk penyebutan masuk angin pun hanya ada di Indonesia bahkan masuk angin tidak ada dalam istilah kedokteran. Kerokan dilakukan dengan cara menekan koin dan menggesekkan berulang-ulang ke punggung maupun bagian tubuh yang lain hingga memerah.

  1. Angkot Modis ala Sumatera
Angkot modifikasi ala Sumatera Barat (sumber : Brilio.net)
Angkot modifikasi ala Sumatera Barat (sumber : Brilio.net)

Angkot atau angkutan umum biasanya berupa mobil angkutan berwarna mencolok yang lengang, tanpa ada alunan musik di dalamnya. Namun angkot di Sumatera Barat, tepatnya di Padang ini berbeda. Kendaraan angkutan ini sengaja dimodifikasi dengan luar biasa oleh pemilik angkot yang bahkan hampir menyerupai modifikasi ala salah satu Show di MTV ‘Pimp My Ride’.

Tak hanya itu, warna yang dimiliki angkutan pun dibuat sangat mencolok sehingga memanjakan pandangan penumpang. Didalamnya pun terdapat speaker yang besar dan musik pun dimainkan keras-keras oleh supir angkot. Tak tanggung-tanggung, hampir semua angkot memiliki modifikasi yang membuat kita geleng-geleng kepala saking kerennya.

  1. Penggila Sambal
Ragam sambal di Indonesia (sumber : Delivery Foods Jogja - blogger)
Ragam sambal di Indonesia (sumber : Delivery Foods Jogja - blogger)

Orang Indonesia terkenal dengan kegilaannya pada sambal untuk itu tidak mengherankan jika ketika harga sambal naik maka banyak orang yang mengeluh. Kita memiliki varian sambal dengan pengolahan yang berbeda-beda sebanyak lebih dari 40 jenis sambal. Dari sambal bawang, sambal matang, sambal tumis kecap, sambal ati dan masih banyak jenis sambal lainnya. Saking gila nya dengan kepedasan, pernah ada yang makan ayam geprek dengan campuran 200 cabe.

Itu hanya beberapa fakta menarik dan unik yang ada di Indonesia. Mungkin akan lebih seru jika kita saling berbagi lebih banyak tentang hal-hal menarik itu di daerah masing-masing. Jadi, apa hal unik di daerahmu, kawan?

*

Pilih BanggaBangga18%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang64%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau18%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADLI HAZMI

Coffee addict, travel and sport enthusiast. a person who really likes international politics. Follow my Instagram @adli_hazmi ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata