Desain Ilustrator Indonesia pada Sampul Buku Harry Potter

Desain Ilustrator Indonesia pada Sampul Buku Harry Potter
info gambar utama

Seakan tak ada habisnya, ‘bocah petir’ Harry Potter terus memberikan kejutan kepada para penggemarnya. Kali ini kabar baik datang kepada seluruh Potterhead yang ada di Indonesia. Ilustrator asal Indonesia, Nicholas Filbert, dipercaya untuk mendesain sampul baru buku terjemahan Harry Potter. Berita ini pun semakin diperkuat oleh pengumuman yang disampaikan Gramedia Pustaka Utama selaku penerbit dan juga sang seniman sendiri melalui laman Facebook pribadinya.

Dia menuliskan "Saya senang untuk berbagi kabar bahagia bahwa versi bahasa Indonesia buku Harry Potter karya J.K Rowling akan ada di toko buku pada Maret 2017." Tuturnya pada hari Kamis (2/3/2017).

"Untuk cover ini saya mengambil salah satu aspek menarik dari dunia Harry Potter yakni Fantastic Beast. Saya telah menjadi penggemar lama, membaca bukunya, dan menonton semua film. Jadi ketika editor saya menantang saya untuk menggarap proyek ini, saya merasa ini menjadi hal yang menarik sekaligus menakutkan," imbuhnya seperti dikutip dari laman Facebook pribadinya.

Seperti apa yang telah Nicholas jelaskan, sampul buku Harry Potter kali ini akan menyorot binatang ajaib yang ada di dunia sihir Harry Potter. Untuk buku pertama, yang menjadi sorotan adalah Hedwig, burung hantu milik Harry Potter, kemudian burung Phoenix milik Albus Dumbledore untuk buku kedua, dan buku ketiga adalah Buckbeak, seekor hippogriff yang dirawat oleh Hagrid.

Hingga berita ini ditulis, Gramedia Pustaka Utama telah merilis 3 (tiga) sampul baru buku Harry Potter, yaitu: Harry Poter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Pengerjaan sampul buku untuk ke empat seri lainnya sedang dalam proses dan akan dirilis secepatnya.

Sampul Baru Buku Harry Potter

Perbedaan jelas terlihat jika beberapa sampul buku Harry Potter disandingkan. Seperti contohnya untuk seri pertama novel ini, sampul buku karya Thomas Taylor (Children’s Edition) dibuat agar gambar animasi lebih bersahabat dengan anak mengingat pasarnya adalah anak-anak. Untuk sampul edisi lain, seperti edisi dewasa dan edisi khusus, penerbit juga telah menyiapkan sesuatu yang tentu juga berbeda dikarenakan target pasar yang tak sama.

Untuk merayakan ulang tahun ke duapuluh (20) perilisan buku Harry Potter yang pertama kali, penerbit buku Harry Potter edisi UK, Bloomsbury, juga akan merilis sampul baru untuk seri pertama buku ini. Sampul baru yang dibuat oleh Levi Pinfold ini di desain dalam empat (4) versi. Keempat versi yang dimaksud adalah empat asrama yang ada di sekolah sihir Hoghwarts, yaitu: Gryffindor, Slytherin, Ravenclaw, dan Hufflepuff. Novel Harry Potter dengan sampul baru ini baru bisa didapatkan mulai bulan Juni 2017

Sampul buku Harry Potter untuk edisi spesial ulang tahun ke 20

Kemudian untuk edisi US, novel karya J.K Rowling ini juga memiliki versi sendiri. Selaku penerbit, Scholastic menyesuaikan dengan keadaan pasar yang ada. Bukan hanya sampul, uniknya di US penyesuaian juga dilakukan untuk beberapa kata. Tidak hanya pemilihan kata di dalam isi novelnya, bahkan yang paling mencolok adalah judul untuk seri pertama dirubah dari Harry Potter and The Philosopher’s Stone menjadi Harry Potter and Sorcerer’s Stone.

Lalu, bagaimana dengan sampul baru edisi lokal? Disini terlihat bahwa sampul yang baru terkesan lebih sederhana namun elegan. Kesan ini ditimbulkan oleh pemilihan warna oleh sang seniman saat penggarapan sampul.

Nicholas berterus terang bahwa sebelum memulai mendesain, ia menyampaikan keinginannya untuk menonjolkan rasa Indonesia, terutama batik. Dirinya mengaku bahwa teknik berlapis atau layering yang digunakan dalam membatik ia terapkan dalam proses pengerjaan sampul buku Harry Potter yang sedang digarapnya.

Harry Potter bukanlah karya pertama Nicholas. Sebelumnya jebolan institusi seni LASALLE College of the Arts ini juga pernah mendesain sampul untuk buku The Walled City karya Ryan Graudin versi bahasa Indonesia. Tidak hanya itu saja, ia juga mendesain sampul untuk buku mewarnai miliknya sendiri yang berjudul Fantasia dan juga art book miliknya, Sérena.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)


Sumber : hot.detik.com, facebook.com, thebookseller.com, logos.wikia.com, seventeen.com, mashable.com, harrypotter.wikia.com, mediaindonesia.com, thejakartapost.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini