Tim Garuda UNY Raih Juara Tiga dalam Kompetisi SEM 2017

Tim Garuda UNY Raih Juara Tiga dalam Kompetisi SEM 2017
info gambar utama

Kompetisi selama 3 hari (17-19 Maret) di Changi Expo Center Singapura akhirnya membuahkan hasil menggembirakan. Garuda UNY Team (GUT) dengan mobil hemat energi Garuda Urban Gasoline 17 meraih juara 3 untuk kategori Urban Concept ICE (Internal Combustion Engine) dengan raihan 221 km/l. Capaian ini membuat banyak pihak terkesima karena GUT baru pertama kali mengikuti ajang kompetisi Shell-Eco Marathon (SEM). GUT tidak sendiri dalam kategori ini. Setidaknya ada 18 tim lain yang berhasil sampai ke tahap race dan bersaing dengan GUT.

Indonesia sendiri boleh bangga dengan tim-tim mobilnya karena raihan 5 besar untuk kategori ICE diambil semua oleh tim-tim Indonesia. Tim-tim tersebut adalah tim Sadewa dari Universitas Indonesia, tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, tim Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakata, tim Bengawan Team 2 dari Universitas Sebelas Maret, dan tim Cikal Ethanol dari Institut Teknologi Bandung. Perolehan ini mengukuhkan bahwa tim-tim mobil dari Indonesia dapat diadu dan tidak kalah dari tim-tim mobil luar negeri.

Perwakilan dari Shell Indonesia, Rini, terkesima dengan raihan GUT, “Saya sangat terkesima dengan UNY. Padahal baru new comer namun bisa meraih juara. Untuk new comerbiasanya bisa lolos Technical Inspection saja sudah merupakan prestasi luar biasa, apalagi bisa meraih juara seperti kalian. Ya, semua ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan tim kalian. Terus sukses untuk Garuda UNY!” Rini juga mendoakan agar GUT dapat berpartisipasi di SEM tahun mendatang dan berharap agar GUT dapat kembali dengan peforma mobil yang lebih baik lagi.

Bantuan dan dukungan yang tidak berhenti mengalir dari berbagai pihak tidak dilupakan oleh GUT. Justru GUT mengingat semua bantuan yang diberikan sebagai motivasi untuk memenangkan kompetisi. Driver GUT, Mustafit Septian, mengungkapkan perasaan senangnya ketika GUT dinyatakan menang, “Senang rasanya tidak bisa diungkapkan. It’s the best day of my life! Meskipun banyak miss-komunikasi dengan panitia dan banyak jadwal yang berubah tanpa diduga, namun motivasi dari Bapak advisor membuat kita dapat memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda. Kami jadi lebih cekatan karena ingat harapan yang banyak dari Bapak rektor serta UNY.”

“Terima kasih kepada Bapak Rektor UNY, para advisor GUT, serta seluruh teman-teman yang telah mendukung GUT. Dengan bantuan dan doa semua, kami dapat meraih juara 3 di Shell-Eco Marathon Asia. Indonesia jaya!” tutup Een, salah satu perwakilan GUT. (fb)


Sumber : garudauny.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini