Peta Persaingan Industri E-Commerce Indonesia

Peta Persaingan Industri E-Commerce Indonesia
info gambar utama

Industri teknologi di Indonesia sedang ada di masa-masa subur. Saat ini kita bisa melihat banyak stratups bermunculan. Ada yang bertahan lama dan terus berkembang, namun tidak sedikit juga yang tumbang karena tidak mendapat respon yang baik dari pasar atau kalah dengan kompetitor.

Salah satu industri teknologi yang terus berkembang di Indonesia adalah E-Commerce.Namun, apa sebenarnya pengertian “E-Commerce”?. E-Commerce itu merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce, intinya disini, bisnis yang memperbolehkan orang melakukan transaksi secara Elektronik, atau yang biasa kita sebut internet.

Besarnya potensi pasar yang ada di Indonesia tidak hanya mendorong anak bangsa untuk mengembangkan bisnis ini, namun juga menarik banyak pemain internasional untuk masuk dan mencoba keberuntungan.

Minggu lalu saya dan tim di iPrice Group baru saja menyelesaikan riset terbaru kami dalam bentuk konten interaktif mengenai “Peta E-Commerce Indonesia”. Di konten ini pembaca bisa mengurutkan & juga memfilter E-Commerce yang ada di Indonesia berdasarkan beberapa parameter seperti, pengunjung perbulan, pengikut di media sosial, jumlah karyawan dan juga jumlah install aplikasi.

Yang kami maksud sebagai E-Commerce disini adalah mereka yang menjual barang dan melakukan pengiriman langsung kepada pelanggan.

Dari penelitian ini kami menemukan beberapa fakta-fakta unik seputar industri E-Commerce di Indonesia. Berikut adalah temuan-temuan kami:

  1. Terjadi kompetisi sengit antara Tokopedia & Bukalapak di semua parameter

  2. Alfacart sebagai pemain paling muda, sudah bisa menyaingin Mataharimall. Dari segi pengunjung perbulan Alfacart sudah mencapai angkat 16 juta, hampir menyusul Mataharimall yang ada di angka 18 juta.

  3. Fakta media sosial dari to-5 E-Commerce Indonesia: Jumlah rata-rata followers di media sosial: Twitter = 174,722; Instagram = 150,382; Facebook = 1,973,655. Secara rata-rata, jumlah fans Facebook 13X lebih besar dari followers Instagram

  4. E-Commerce Fashion memiliki followers Instagram paling banyak dibandingkan yang lain. Dari Top-10 E-Commerce dengan jumlah followers Instagram terbanyak, ada 5 E-Commerce Fashion (Hijup, 8Wood, Brodo, Berrybenka & bobobobo)​

  • Blibli merupakan E-Commerce dengan jumlah followers terbesar (Facebook & Twitter)

  • Untuk bisa melihat & juga berinteraksi dengan kontennya secara langsung, bisa langsung membuka laman ini Peta E-Commerce Indonesia​

    Atau kalian juga bisa langsung berinteraksi dengan datanya dibawah:

    Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

    Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

    Terima kasih telah membaca sampai di sini