Lupa Sandi?

Raja Ampat, Hadiah dari Tuhan untuk Indonesia

Dimas Ayuna
Dimas Ayuna
1 Komentar
Raja Ampat, Hadiah dari Tuhan untuk Indonesia

Bukan menjadi rahasia lagi jika Kepala Negara Indonesia kira yang kerap disapa sebagai Pak Jokowi, tahun lalu menghabiskan malam pergantian tahun di salah satu pulau terindah di Indonesoa. Raja Ampat. Dalam foto tersebut bapak presiden terlihat sangat menikmati matahari terbit di kepulauan raja ampat. Dengan latar belakang matahari terbit serta pancaran kuning keemasan yang memantul di laut, bapak presiden mengenakan kemeja putih yang diseteli dengan sarung. Khas Indonesia.

RI 1 satu sedang menikmati sunrise
RI 1 satu sedang menikmati sunrise

Bukan hanya digemari oleh pak Jokowi, Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat diminati baik oleh wisatawan lokal maulpun mancanegara. Bukan hanya dikunjungi oleh RI 1, tetapi Sergey Brin, seorang pendiri Google juga pernah menyempatkan mengunjungi salah satu ikon pariwisata yang kepunyaan Indonesia ini. Selain itu, masih banyak deretan artis dan tokoh dunia yang pernah dengan senang hati menikmati keindahan Raja Ampat. Bagi yang belum pernah mengunjungi epulauan Raja Ampat, berikut kegiatan menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan di Raja Ampat.

  1. Snorkeling

    Snorkeling, agenda wajib ketika berada di Raja Ampat
    Snorkeling, agenda wajib ketika berada di Raja Ampat

    Snorkeling menjadi salah satu tujuan utama pelancong di Raja Ampat, dengan mengenakan snorkel kamu bisa langsung menyelam di permukaan perairan Raja Ampat. Tentu tidak perlu ditanyakan lagi keindahan bawah laut Raja Ampat mampu membuat siapa saja terpesona. Jernihnya air, susunan karang yang wanra-warni menyerupai puzzle alami ini membuat para penyelam betah berlama-lama berada di permukaan laut sembari mengintip harta karun alamiah di Nusantara.
  2. Diving

    menyelami keindahan bawah laut Raja Ampat
    menyelami keindahan bawah laut Raja Ampat

    Tidak jauh beda dengan snorkeling, diving juga merupakan pilihan utama para pengunjung. Bagaimana tidak, dengan diving, kamu tidak hanya dapat melihat keindahan bawah laut, tetapi beberapa langkah lebih dekat dengan surga bawah laut Raja Ampat yang menawan. Bukan hanya itu, momen yang paling menarik adalah dapat mengabadikan gambar dengan background terumbu karang serta kerumunan ikan-ikan kecil diantara tubuhmu. Tapi jangan lupa perhatikan juga keamanan dan keselamatan alat selamny, dan yang terpenting, dilarang merusak karang-karang yang ada di sana ya.
  3. Bermalam di Raja Ampat

    Homestay di Raja Ampat
    Homestay di Raja Ampat

    Jika tujuanmu berlibur adalah untuk menangkan diri dan melupakan sejenak hitruk pikuk perkotaa maka menginap di Raja Ampat adalah jawabannya. Di sekitar kepulauan Raja Ampat banyak terdapat resort maupun pemondokan sederhana yang disediakan oleh pengelolah wisata Raja Ampat. Di sana kamu bisa menginap satu atau dua hari menikmati suasana damai ala Raja Ampat. Menginap di Raja Ampat bukan berarti cuma numpang tidur di sana, tetapi kamu akan ditawarkan pemandangan memesona ketika baru akan mengawali hari. Saat pagi hari kamu bisa bersantai di penginapan sembari membaca buku serta menikmati secangkir kopi/the sembari bercengkerama dengan keluarga ataupun teman. Betapa sangat menyenangka, bukan?
  4. Menjelajah untuk Menjumpai si Burung Legendaris

    melihat langsung si Cendrawasih
    melihat langsung si Cendrawasih

    Siapa sih yang tidak tau burung cendrawasih? Mungkin kamu sering melihat burung Cendrawasih baik di buku maupun di televise, namunn jika kamu menginginkan suasana yang berbeda dengan melihatnya secara langsung, berarti kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajah Raja Ampat dan berjumpa secara langsung dengan si burung legendaries ini. Burung Cendrawasih dapat kamu jumpai di huran sekitaran Raja Ampat. Dan bonusnya, jika kamu beruntung, kamu juga akan disapa oleh burung-burung lain penghuni Kepulauan Raja Ampat. Menyenangkan sekali, bukan?
  5. Selfi – wefie

    mengabadikan momen menarik di Raja Ampat
    mengabadikan momen menarik di Raja Ampat

    Kegiatan satu ini memang tidak boleh terlewatkan, berfoto, baik selfie maupun wefie keduanya tetap sama-sama penting. Bagaimana tidak, foto merupakan pengabadian momen serta kebersamaan yang dilewatkan bersama-sama. Apalagi dengan latar belakang Raja Ampat, bukan hana menjadi momen narsis, tetapi juga foto dengan seni tinggi. Ada banyak spot berfoto yang dapat dimanfaatkan untuk menangkap momen kebersamaan, namaun yang terpenting, saat kita selfie maupun wifie kita harus tetap tahu tempat, jangan sampai melanggar peraturan lokal, apalagi sampai merusak baik tumbuhan maupun fasilitas yang ada di sana.

Memang beberapa hari lalu sempat ada kabar kurang mengenakkan, bahwasannya karang di Raja Ampat rusak lantaran dihantam salah satu kapal milik luar negeri, tepatnya Kapal Pesiar MV Caledonian Sky. namun kamu juga bisa ikut memperbaikinya dengan cara menjadi smart traveler. Dengan menjadi smart traveler, kamu juga ikut berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan dan keindahan alam Raja Ampat. Jadi gals, tungu apa lagi, ayo kemas ranselmu jadilah smart traveler.

Dari berbagai sumber

Label:
#traveling
Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau33%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG DIMAS AYUNA

Bukan apa-apa, hanya seorang mahasiswi yang sampai sekarang masih belajar menulis. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata