Lupa Sandi?

Kinerja Perbankan Indonesia Dinilai Jadi yang Terbaik di ASEAN

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Kinerja Perbankan Indonesia Dinilai Jadi yang Terbaik di ASEAN

Kinerja perbankan kerap menjadi indikator kinerja pereknonomian sebuah negara. Bank sentral Indonesia, Bank Indonesia mencatat bahwa pertumbuhan kinerja perbankan Indonesia pada Desember 2016 dinilai cukup baik dintara negara-negara ASEAN lima yakni Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura dan Indonesia.

Seperti diberitakan VivaNews, penilaian ini berdasarkan beberapa indikator seperti pertumbuhan kredit, marjin bunga (Net Interest Margin), Return on Asset (ROA), dan rasio kredit macet (Non Performing Loan).

Baca Juga

Kepala Departemen Makroprudensial Bank Indonesia, Kurniawan Agung mengatakan, pada pertumbuhan kredit, perbankan di Indonesia mencapai angka pertumbuhan sebesar 7,9 persen. Angka ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan terbesar.

"Peringkat kedua terbesar, setelah capaian Filipina sebesar 16,1 persen. Sedangkan Malaysia, Thailand, dan Singapura berturut-turut sebesar 5,3 persen, 3,1 persen, dan 2,9 persen," kata Kurniawan, Kamis (23/03/2017).

Dari indikator Net Interest Margin, Indonesia menempati peringkat pertama dengan angka 5,5 persen. Sedangkan Filipina berada di angka 3,2 persen, Thailand 2,6 persen, Malaysia 2,0 persen, dan singapura 1,6 persen.

Kemudian dari segi pengembalian hasil dari aset atau ROA, Indonesia menunjukkan angka tertinggi yakni 2,2 persen. Sedangkan Malaysia berada di 1,3 persen, Filipina 1,2 persen, Thailan 1,1 persen dan Singapura 1 persen.

Dan pada indikator terakhir yakni Non Performing Loan, Indonesia berada di angka 2,9 persen. Angka terbilang cukup tinggi karena berada di bawah Singapura 1,5 persen, Filipina dan Malaysia yang berada di tingkat 1,6 persen. Sedangkan Thailand berada pada angka 3 persen.

Berdasarkan indikator performa ini Kurniawan menyebutkan bahwa ketahanan perbankan Indonesia relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ASEAN lima dan masih dalam tren yang terus meningkat.


Sumber : Vivanews

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas