Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata ‘bule’ ? mungkin yang ada dipikiran kita adalah orang luar negeri berkulit putih, berambut blonde dan fasih bahasa Inggris.

Bule memang banyak dikaitkan dengan orang dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia dan karena mereka berbicara bahasa Inggris, maka banyak orang Indonesia yang ingin sekedar berbicara dengan mereka untuk melatih kefasihan Bahasa Inggris dan berfoto bersama.

Berbeda dengan David Jephcott, pemuda berdarah Australia ini tidak hanya fasih berbahasa Inggris dan Indonesia, bahkan dia mampu berbahasa Jawa dengan dialek Jawa Timur.

Tumbuh dan besar di Surabaya semenjak umur 2 tahun, pemuda ini memeriahkan jagad maya dengan video-video nya yang lucu di Youtube. Pria yang menikah dengan wanita asli Indonesia bernama Santi Novia ini kerap membuat vlog dengan bahasa Jawa, bahkan ada beberapa video prank dia di Surabaya. Konsep prank lucu seperti di video dibawah ini.

Dave berpura-pura tidak bisa berbahasa Indonesia dan mencoba berbicara dengan warga setempat yang sedang santai, tak pelak warga yang diajak ngobrol pun bingung karena tidak bisa bahasa Inggris. Namun tak berapa lama ada teman yang datang dan berbicara bahasa Jawa kepada Dave, seketika itu ia menggunakan bahasa Jawa sehingga membuat warga yang tadi diajak ngobrol Dave menjadi makin bingung lagi seakan kaget karena ada bule yang fasih berbicara bahasa Jawa dengan dialek Jawa Timur.

Di video lainnya, Dave bernyanyi dengan bahasa Jawa sambil mengamen seperti dibawah ini

Hal yang menarik yang menarik dari pengalaman hidup pria pengajar Bahasa Inggris ini adalah ketika ia hendak menonton di Bioskop, sang penjual tiket langsung berkata “Sir..sir.. no English sir”, memberitahu bahwa film yang akan Dave tonton tidak ada subtitle bahasa Inggris. Namun Dave kemudian merespon dengan bahasa Jawa, “wah..nggih suwun mbak...untung rak ono Bahasa Inggris…aku rak isoh Bahasa Inggris soale,” begitu penuturannya di Net.TV.

Karena kefasihan dan kelucuannya pada setiap video yang ia buat, maka ia dijukuki dengan 'Londo Kampung' yang juga menjadi nama akun Youtubenya.

Dibalik sosoknya yang lucu, Dave mengaku bahwa ia takut kedepannya Bahasa Jawa ini hilang dan tidak dipergunakan lagi, untuk itu dia aktif menggunakan Bahasa Jawa dikehidupan sehari-harinya.

Hmm.. bule saja bangga berbicara pakai Bahasa Jawa, tentu kita juga tak perlu malu berbicara dengan bahasa daerah. Tahun 2016 lalu dikabarkan 139 bahasa daerah di Indonesia terancam punah, jadi mari kita lestarikan bahasa daerah kita seperti yang dilakukan Dave.

*

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu