Betapa Menakjubkan Melihat Lingkar Api Indonesia dari Luar Angkasa

Betapa Menakjubkan Melihat Lingkar Api Indonesia dari Luar Angkasa
info gambar utama

Sebagai negara yang berada di garis ekuator, Indonesia kerap diselimuti oleh awan. Itu sebabnya foto-foto dari luar angkasa untuk wilayah Indonesia sangat jarang terlihat begitu cerah kecuali saat malam hari. Namun beberapa watku lalu seorang Astronot yang berada di International Space Station (ISS) mendapatkan kesempatan untuk mengambil foto saat langit Indonesia sedang cerah-cerahnya. Foto tersebut menunjukkan 6 wilayah kepulauan besar Indonesia.

Dalam foto tersebut terlihat gugusan pulau yang menakjubkan dari Pulau Jawa ke arah timur hingga Sumba dan Timor, Nusa Tenggara Timur. Hanya sedikit terlihat guratan-guratan awan di arah selatan pulau Jawa dan Bali. Refleksi sinar matahari juga terlihat di lautan sebelah timur kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya.

Foto tesebut juga menggambarkan dengan jelas titik-titik gunung api seperti Gunung Lawu, Gunung Kelud, Gunung Semeru, Gunung Raung, dan Gunung Rinjani. Inilah salah satu bagian dari lingkar api Indonesia yang masi terus aktif dan membuat tanah negeri ini menjadi subur. Itu terlihat dari beberapa gunung tersebut yang mengeluarkan asap.

Pemandangan menakjubkan ini terekam dalam foto astronot berkode ISS045-E-79412 yang diambil pada 25 Oktober 2015 yang lalu dengan menggunakan Nikon D4 berlensa 50mm. Fotografer yang mengambil momen ini merupakan anggota kru dari Expedition 45. Foto-foto seperti ini merupakan bagian dari dukungan ISS pada masyarakat dengan menyajikan foto-foto yang memiliki nilai bagi para saintis dan publik secara gratis.

Foto ini menjadi viral berkat akun resmi dari NASA merilis foto ini di laman Facebook sejak 21 Maret 2016 yang lalu.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini