Lupa Sandi?

Salip 300 Pesaing Global, Pelajar Indonesia di Belanda Bersaing di Kompetisi Industri Penerbangan

Indah Gilang  Pusparani
Indah Gilang Pusparani
0 Komentar
Salip 300 Pesaing Global, Pelajar Indonesia di Belanda Bersaing di Kompetisi Industri Penerbangan

Pelajar Indonesia di Belanda salip 300 pesaing dalam kompetisi internasional ide industri dirgantara ‘Fly Your Ideas’ yang digelar Airbus. Mereka adalah Aishah Maharyani, Alfian Rachmat, Arrahmani, Ummu Sakiinah dan Vinda Hardikurnia, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. 

Kelima diaspora muda ini mencetuskan ide inovatif untuk mengurangi dampak lingkungan dari industri penerbangan. Mereka mengakui inspirasi mereka datang dari kelas-kelas yang pernah mereka datangi di mana industri aviasi menjadi topik diskusi utama. Selain itu, seiring dengan berkembangnya industri penerbangan di Indonesia, keinginan mereka untuk berinovasi dan berkontribusi untuk industri ini juga semakin besar.

Kelima pelajar ini bergabung dalam tim “Sky Divers”. Dengan ide aplikasi ‘water harvest’ pada pesawat komersial saat penerbangan berlangsung, mereka berhasil lolos ke tahap kedua kompeitisi dua tahunan tersebut.

“Kami ingin menjajaki kemungkinan penerapan ide kami di pesawat komersial untuk menciptakan penggunaan air yang lebih berkelanjutan,” ujar pemimpin tim, Alfian Rachmat.

Baca Juga
Image: Sky Divers Team
Image: Sky Divers Team

“Industri aviasi Indonesia membutuhkan inovasi, terutama inovasi yang dapat berdampak baik untuk lingkungan. Kami harap ide kami dapat dikembangkan lebih lanjut lewat Airbus Fly Your Ideas dan bahkan kedepannya bisa diimplementasikan.” 

Pada tahap kedua, tim “Sky Divers” bekerja keras dengan mentor dari Airbus untuk menyempurnakan dan mengembangkan ide mereka.

Selain tim “Sky Divers”, bangsa Indonesia juga diwakili oleh tiga tim asal Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro yang lolos di tahap kedua. 

Bersama total 50 tim lain di tahap kedua, mereka berlomba-lomba untuk menjadi salah satu dari lima tim yang akan lanjut ke tahap ketiga.

Kelima tim akan menghabiskan seminggu waktunya di Airbus “ProtoSpace” di Toulouse, Perancis untuk membuat prototype, menguji dan memvisualisasikan ide mereka menggunakan teknologi terkini dengan bimbingan langsung dari Airbus. 

Tim pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar €30.000, dan runner up akan mendapatkan €15.000.

Sumber : Maverick | Airbus

Pilih BanggaBangga70%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau4%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG INDAH GILANG PUSPARANI

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of In ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata