Lupa Sandi?

Istri Bill Gates Belajar Tentang Nyamuk di Yogyakarta

adli hazmi
adli hazmi
0 Komentar
Istri Bill Gates Belajar Tentang Nyamuk di Yogyakarta

Pada tanggal 22 Maret 2017 lalu Yogyakarta kedatangan seseorang yang sangat special, yakni istri dari salah terkaya di dunia, Bill Gates. Melinda Gates yang jauh-jauh ke Yogyakarta ternyata bukan datang untuk hal-hal berbau teknologi seperti yang suaminya lakukan. Lalu untuk apa ya ?

Bersama dengan perwakilan dari Bill and Melinda Gates Foundation, Istri orang terkaya di dunia itu mendatangi beberapa tempat di Yogyakarta seperti laboratorium  Eliminate Dengue Lab untuk mengetahui tentang penyebaran nyamuk Aedes aegypti dan cara penanganan dengan inovasi baru yang telah dilakukan oleh Eliminate Dengue Indonesia.

Hal ini sejalur dengan visi misi yang dibawa oleh Bill and Melinda Gates Foundation yang berfokus pada kesehatan dunia dan kemanusiaan. Eliminate Dengue Indonesia sendiri adalah  organisasi yang didanai oleh Yayasan Tahija yang berfokus pada penanganan nyamuk Aedes aegypti dan saat ini memiliki Program Leader bernama Scott O Neil.

Melinda Gates di Laboratorium (sumber : Spirit.id)
Melinda Gates di Laboratorium (sumber : Spirit.id)

Dalam kunjungan Melinda Gates di laboratorium, ia belajar bagaiamana implementasi pengembangbiakan nyamud Aedes aegypti ber-wolbachia. Program pengembangan bakteri Wolbachia ini dinilai sangat inovatif karena sifat bakteri wolbachia yang mampu menekan replikasi virus dengue pada nyamuk ini. sehingga nantinya penderita Demam Berdarah bisa berkurang karena nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia ini akan mengalami peningkatan. 

Melinda Gates dalam kunjunganya juga rela unttuk digigiti nyamuk dalam rangka menyumbang darah untuk kepentingan penelitian. Melinda merasa takjub akan program dari Eliminate Dengue Project UGM yang menurutnya cukup luar biasa.

Melinda Gates di Kelurahan Kricak (sumber : Kompas)
Melinda Gates di Kelurahan Kricak (sumber : Kompas)

Setelah dari laboratorium, ia bertandang ke Kelurahan kricak, Yogyakarta untuk berdialog dengan warga setempat selama 30 menit berdiskusi akan keterlibatan masyarakat dengan projek ini. Dalam kunjungannya ia tersanjung akan apresiasi warga yang menerima dan mau bekerja sama dengan program Eliminate Dengue Project, dimana warga  di kampung binaan Universitas Gadjah Mada ini memiliki ember yang berisi jentik nyamuk dan digunakan untuk kepentingan penelitian Eliminate Dengue Indonesia. Di kelurahan ini pula Melinda menandatangani dinding yang terdapat mural bertemakan “Eliminate Dengue Project".

Seperti yang kita ketahui nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk penyebab utama penyakit Demam Berdarah yang sudah memakan banyak korban.

*diolah dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi42%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADLI HAZMI

Coffee addict, travel and sport enthusiast. a person who really likes international politics. Follow my Instagram @adli_hazmi ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

7 Selebriti Internasional Keturunan Indonesia

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

Inilah 7 Cara ASEAN Tahan Hadapi Bencana

Good News From Indonesia3 minggu yang lalu

7 Film Indonesia di Ajang Oscar

Good News From Indonesia3 minggu yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie