Istri Bill Gates Belajar Tentang Nyamuk di Yogyakarta

Istri Bill Gates Belajar Tentang Nyamuk di Yogyakarta
info gambar utama

Pada tanggal 22 Maret 2017 lalu Yogyakarta kedatangan seseorang yang sangat special, yakni istri dari salah terkaya di dunia, Bill Gates. Melinda Gates yang jauh-jauh ke Yogyakarta ternyata bukan datang untuk hal-hal berbau teknologi seperti yang suaminya lakukan. Lalu untuk apa ya ?

Bersama dengan perwakilan dari Bill and Melinda Gates Foundation, Istri orang terkaya di dunia itu mendatangi beberapa tempat di Yogyakarta seperti laboratorium Eliminate Dengue Lab untuk mengetahui tentang penyebaran nyamuk Aedes aegypti dan cara penanganan dengan inovasi baru yang telah dilakukan oleh Eliminate Dengue Indonesia.

Hal ini sejalur dengan visi misi yang dibawa oleh Bill and Melinda Gates Foundation yang berfokus pada kesehatan dunia dan kemanusiaan. Eliminate Dengue Indonesia sendiri adalah organisasi yang didanai oleh Yayasan Tahija yang berfokus pada penanganan nyamuk Aedes aegypti dan saat ini memiliki Program Leader bernama Scott O Neil.

Melinda Gates di Laboratorium (sumber : Spirit.id)
info gambar

Dalam kunjungan Melinda Gates di laboratorium, ia belajar bagaiamana implementasi pengembangbiakan nyamud Aedes aegypti ber-wolbachia. Program pengembangan bakteri Wolbachia ini dinilai sangat inovatif karena sifat bakteri wolbachia yang mampu menekan replikasi virus dengue pada nyamuk ini. sehingga nantinya penderita Demam Berdarah bisa berkurang karena nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia ini akan mengalami peningkatan.

Melinda Gates dalam kunjunganya juga rela unttuk digigiti nyamuk dalam rangka menyumbang darah untuk kepentingan penelitian. Melinda merasa takjub akan program dari Eliminate Dengue Project UGM yang menurutnya cukup luar biasa.

Melinda Gates di Kelurahan Kricak (sumber : Kompas)
info gambar

Setelah dari laboratorium, ia bertandang ke Kelurahan kricak, Yogyakarta untuk berdialog dengan warga setempat selama 30 menit berdiskusi akan keterlibatan masyarakat dengan projek ini. Dalam kunjungannya ia tersanjung akan apresiasi warga yang menerima dan mau bekerja sama dengan program Eliminate Dengue Project, dimana warga di kampung binaan Universitas Gadjah Mada ini memiliki ember yang berisi jentik nyamuk dan digunakan untuk kepentingan penelitian Eliminate Dengue Indonesia. Di kelurahan ini pula Melinda menandatangani dinding yang terdapat mural bertemakan “Eliminate Dengue Project".

Seperti yang kita ketahui nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk penyebab utama penyakit Demam Berdarah yang sudah memakan banyak korban.

*diolah dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini