Justin Trudeau. Pemimpin negara satu ini beberapa tahun terakhir sering memikat perhatian kita, khususnya para wanita. Melihat parasnya yang tampan rupawan kadang bisa menyejukkan hari yang penat. Justin menjabat sebagai Perdana Menteri ke-23 Kanada pada tahun 2015. Ayah kandungnya Pierre Trudeau juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Kanada pada tahun 1968 dan 1980. Di balik ketampanan dan kejeniusannya, ternyata Justin punya cerita menarik yang akan membuat fansnya di Indonesia semakin berseru riang.

Menilik garis keluarga Justin, ternyata pemimpin negara Kanada ini punya keturunan Indonesia.

Justin Trudeau lahir dari pasangan Pierre Elliot Trudeau-Margaret Sinclair pada 25 Desember 1971 di Ottawa, Kanada. Menurut garis keturunannya, Trudeau merupakan keturunan Kanada berdarah campuran Skotlandia-Perancis. Kakek Trudeau, Charles Emile Trudeau adalah seorang pengusaha dan kakeknya satu lagi yang kelahiran Skotlandia, James Sinclair merupakan menteri perikanan dari 1952-1957.

Lalu bila ditarik lagi garis keturunannya ke atas dari garis ibu, perdana menteri muda yang masih berusia 45 tahun ini memiliki nenek moyang kolonialis di Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Dilansir dari Kumparan, dalam laman thepeerage.com, sebuah website yang melacak silsilah keluarga-keluarga ningrat Eropa, ternyata diketahui bahwa ibu dari Justin Trudeau memiliki kakek yang lahir di Makassar, yakni Thomas Kirkpatrick Bernard.

Thomas Kirkpatrick Bernard (foto: findthegrave.com)
Thomas Kirkpatrick Bernard (foto: findthegrave.com)

Bernard merupakan keturunan dari kolonial asal Britania Raya seperti Francis James Bernard dan Arthur Bernard. Arthur adalah anggota dari Housr of Commons (Dewan Perwakilan) Irlandia. Keluarganya dikenal sebagai trah kolonialis di Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Sedangkan, Thomas Bernard yang merupakan kakek buyut Justin Trudeau lahir di Makassar pada tahun 1891 kemudian ia pindah ke Kanada pada tahun 1906.

Dan fakta menarik lainnya, ternyata nenek buyut dari ibu Justin memiliki hubungan khusus dengan Indonesia. Cornelia Louisa Intveld adalah nenek buyut ketiga dari ibu Justin yang disebut-sebut lahir di Padang. Website Find A Grave juga mencatat bahwa ayah Intveld berasal dari Hellevoetsluis, Belanda, yang melalui Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) tinggal di Padang dan menjadi penduduk di tanah Sumatera Barat itu. Sedangkan, ibu Intveld merupakan seorang Ono Niha, sebutan bagi masyarakat asli Nias, Sumatera Utara.

The Dutch Justin Trudeu juga keturunan Indonesia

Jesse Klaver, politisi idola baru warga Belanda yang punya darah Indonesia juga (foto: brilio.net)
Jesse Klaver, politisi idola baru warga Belanda yang punya darah Indonesia juga (foto: brilio.net)

Baru-baru ini beredar juga informasi tentang salah seorang politisi Belanda yang disebut-sebut mirip dengan Justin Trudeau. Ia adalah Jesse Feras Klaver yang memang punya paras agak mirip dengan Perdana Menteri Kanada tersebut. Jesse bahkan juga menjadi politisi idola di negaranya.

Jesse Klaver ternyata juga punya darah Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya. Ia merupakan anak dari pasangan berdarah Maroko dari ayahnya dan ibunya yang berdarah campuran Belanda-Indonesia. Semasa kecilnya Klaver dibesarkan oleh ibunya saja. Sayangnya, tidak banyak yang membahas bagaimana lebih jelasnya garis keturunan Klaver dari ibunya tersebut.

Bukan hanya mirip rupanya, Klaver juga disebut punya kemiripan gaya dan karismanya dengan Justin Trudeau. Mashable menyebutkan Klaver dan Trudeau sama-sama memiliki sikap hangat yang diperlihatkan kepada para imigran. Isu imigran ini di Belanda memang sedang panas dibincangkan dan kehadiran Klaver dianggap warga Belanda sebagai sebuah cahaya penerang.


Sumber :

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu