Akhirnya Satelit Telkom 3S Beroperasi Penuh

Akhirnya Satelit Telkom 3S Beroperasi Penuh
info gambar utama

Satelit pemersatu bangsa Telkom 3S akhirnya beroperasi penuh setelah pada 6 April 2017 yang lalu telah diserahkan oleh Thales Alenia Space kepada Telkom Indonesia.

Seluruh uji fungsi satelit dinyatakan berfungsi dan dapat dijalankan secara normal. "Semua test telah Ok,” ungkap Direktur Network dan IT Solution Telkom, Abdus Somad Arief seperti dikutip dari IndoTelko, Rabu (5/4) malam.

Setelah satelit Telkom 3S berada diorbitnya, satelit ini akan bisa digunakan secara penuh dan mulai menjadi hilir mudik lalu lintas koneksi.

“Satelit ini sudah di slot orbit 118 Bujur Timur sejak 26 Maret 2017. Kami senang semuanya on schedule,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kerjasama antara Telkom dengan Thales Alenia Space merupakan kerjasama In Orbit Delivery (IOD) yang artinya Thales Alenia akan terus memantau kinerja satelit hingga berada di orbit yang ditentukan. Satelit Telkom 3S sendiri diluncurkan di Kourou, Guyana Prancis pada 14 Februari yang lalu. Satelit tersebut berhasil lepas dari modul roket Ariane 5 pada pukul 04.39 WIB. Dan membutuhkan waktu 40 hari untuk mencapai orbit yang ditentukan.

Baca juga: 7 Fakta Membanggakan Tentang Satelit Telkom 3S

Saat satelit Telkom 3S berada di orbitnya, satelit tersebut beroperasi tepat di atas Pulau Kalimantan dengan jarak 35.736 kilometer dari bumi.

Satelit Telkom 3S merupakan satelit yang diproyeksikan untuk membangun wilayah Wilayah terluar, terdepan, dan terpencil (3T) Indonesia yang selama ini tidak terjangkau pembangunan utamanya telekomunikasi, nantinya akan bisa terjamah lewat Satelit Telkom 3S. Hal ini penting karena persatuan dan kesatuan bangsa bergantung pada pemerataan pembangunan.


Sumber :Indotelko

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini