Lupa Sandi?

Band Hardcore 'Jeruji' Akan Tur Konser di Eropa!

adli hazmi
adli hazmi
0 Komentar
Band Hardcore 'Jeruji' Akan Tur Konser di Eropa!

Ada banyak band dan penyanyi Indonesia yang telah mencatatakan diri di kancah Internasional, seperti The Sigit yang sering tampil di beberapa festival di San Fransisco da Los Angeles, White Shoes and The Couples Company yang pernah terikat kontrak dengan Minty Fresh asal Chicago, Amerika Serikat dan Band Mocca yang pamornya sudah tidak diragukan lagi. Kali ini bank beraliran hardcore punk asal dari Bandung bernama Band Jeruji melakukan tur kelilling di sembilan negara Eropa mulai April ini!

Tur yang diadakan oleh Enemy Booking ini menggaet band asal Bandung yang telah eksis pada tahun 1990an. Rencananya tur ini akan diadakan di 21 kota yang tersebar di Republik Ceko, Slovakia, Polandia, Jerman, Austria belgia, Perancis dan Belanda dengan Perancis sebagai tempat tur pertamanya. Tur ini dimulai pada tanggal 7 April hingga 30 April 2017.

Jadwal konser Band Jeruji di Eropa (Facebook Jeruji)
Jadwal konser Band Jeruji di Eropa (Facebook Jeruji)

Untuk melakukan tur ini, persiapan seperti mengurus passport, visa dan penggalangan dana telah dilakukan sejak Desember 2016. Vincent Rumahloine yang bertindak sebagai manajer Jeruji European Tour 2017 menjelaskan bahwa dana yang dibutuhkan untuk melakukan tur ini adalah sebesar 422 juta Rupiah. Sebagian besar pengeluaran adalah untuk tiket pesawat untuk tujuh orang dan juga biaya hidup semasa di Eropa.

Band yang pernah berkali-kali personel ini menggaet Ginan koesmayandi sebagai vokalisnya. Ginan sendiri adalah sosok inspiratif Indonesia dimana ia telah membuktikan kepada dunia bahwa orang yang mengidap HIV/AIDS pun mampu berprestasi di kancah dunia. Ia adalah pendiri dari organisasi Rumah Cemara yang menolong pecandu narkoba dan pengidap HIV/AIDS untuk kembali ke jalan yang benar.

Baca Juga

Track Record Band Jeruji

Jeruji band (sumber : Rolling Stones)
Jeruji band (sumber : Rolling Stones)

Jeruji band dibentuk pada tanggal 30 September 1996 dengan personel awal yakni Aldonny, Heru, Dicky dan hendra. Sebelum nama band Jeruji dipilih, band ini bernama Mutan X yang membawakan lagu-lagu band lain. Pada tahun 1997 band Jeruji terlibat dalam kompilasi klasik yang bertajuk Bandung’s Burning yang diproduksi oleh Riotic Recs dengan single No Really Competitions. Di tahun yang sama band ini juga terlibat dari kompilasi dari Perancis dengan single Pianjingeun yang dirilis dalam bentuk piringan hitam dan beredar di negara Eropa termasuk Perancis dibawah naungan label Tian An Men.

Kompilasi Brain Beverages dan Single Broken yang dirilis oleh Harder Recs Bandung pada akhirnya keluar pada tahun 1998. Di tahun yang sama, album pertama Jeruji pun keluar dengan judul FREEDOM dan dirilis oleh 41 Recs Bandung. Album-album selanjutnya adalah Lawan pada tahun 2003, 3Rd yang keluar di tahun 2003, Warlock di tahun 2010 dan selanjutnya adalah album Stay True dengan Ginan sebagai vokalisnya karena vokalis sebelumnya yaitu Aldonny mundur dari band demi mendalami ajaran agama Jeruji saat ini memiliki memiliki formasi yaknni Sani sebagai drummer, Ginan sebagai vokalis, Andre memegang gitar, dan Hendy pada Bass.

Dikira Main-Main

Band Jeruji telah sampai di Paris-Perancis
Band Jeruji telah sampai di Paris-Perancis (sumber : Facebook Jeruji)

Awal adanya kerja sama tur di Eropa dengan Enemy Booking ini cukup lucu. Band Jeruji yang ditawari untuk melakukan konser tur melalui surat elektronik mengira tawaran ini hanya main-main dan tidak ditanggapi selama dua bulan terhitung dari Oktober 2016. Hal ini lantaran bahasa Inggris dari panitia yang mengirimkan surat elektronik tersebut sedikit kacau dan di bulan yang sama Band Jeruji sedang mempersiapkan peluncuran album baru Stay True.

Baru setelahnya pihak Band Jeruji mulai menanggapi. Mereka melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada empat grup musik luar negeri yang pernah bekerja sama dengan Enemy Booking dan dibalas dua band luar negeri melalui surat elektronik. Keduanya lalu mengonfirmasi bahwa tawaran itu benar adanya namun memang bahasa Inggris panitia penyelenggara kurang bagus. "Pengakuan kedua band itu juga sama, bahasa Inggris panitianya kurang bagus,” kata Vincent yang dikutip dari Tempo.co.

Enemy Booking sebagai penyelenggara tertarik untuk mengajak Jeruji lantaran kagum setelah melihat video musiknya di Youtube, ditambah lagi jumlah penggemar band Jeruji yang memang cukup banyak dan kebanyakan berasal dari Indonesia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dukungan untuk band Jeruji ini pun berdatangan, salah satunya adalah Pemkot Bandung yang diutarakan oleh Ridwan Kamil melalui jejaring sosial instagramnya, dirinya menyatakan bahwa Pemkot Bandung mendukung Band Jeruji untuk berangkat ke Eropa, “Pemkot BDG Mendukungg promosi Bandung dan Indonesia melalui diplomasi musik. Kali ini mendukung dan support Bandungpride, Band Hardcore Punk JERUJI konser di 1 kota di Eropa. Mangfrang ! @jeruji4warlock. *saya dengan gaya AMBN (Atas Metal Bawah Ngondek).

*

GNFI

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADLI HAZMI

Coffee addict, travel and sport enthusiast. a person who really likes international politics. Follow my Instagram @adli_hazmi ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata