Kesibukan kuliah dan tugas ternyata tidak menyurutkan semangat mahasiswa Indonesia di negeri Paman Sam untuk aktif mengenalkan budaya Indonesia. Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC, Ismunandar, menyampaikan bahwa KBRI senantiasa mendorong setiap usaha masyarakat di AS untuk memperkenalkan budaya Indonesia, pada masyarakat AS yang umumnya belum mengenal Indonesia. Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di AS, Permias, memainkan peran penting dalam upaya promosi ini. Ismunandar mencatat bahwa semangat para mahasiswa umumnya lebih tinggi ketika mereka di luar negeri.

Misalnya pada 26 Maret 2017 yang lalu digelar “Indonesian Night di Cornell University”. Dihadiri oleh sekitar 150 orang mahasiswa dan masyarakat umum di Ithaca, mahasiswa Indonesia di Cornell memperkenalkan ragam budaya Indonesia dari Indonesia Barat, sampai Indonesia Timur.

Mulai dari Tari Piring, dari Sumatera Barat, Gamelan Jawa, yang dibawakan oleh Perkumpulan Gamelan Cornell, yang dipimpin oleh Chris Miller (staf pengajar Cornell University), Tari Enggang (Kalimantan) oleh Saung Budaya, sampai dengan Tarian Topeng Keras (Bali) yang dipersembahkan oleh Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York, serta dipadukan dengan sumbangan lagu-lagu Indonesia dari Cornell Indonesia Assocition (CIA) Cornell.

Gamelan juga ditampilkan (Foto: Atdikbud DC)
Gamelan juga ditampilkan (Foto: Atdikbud DC)

Tercatat dalam dua bulan terakhir ini Permias Ohio University , Permias Penn State, Permias Minnesota-Twin Cities, Permias Michigan, Permias Texas A & M, Student Association at the University of Washington (ISAUW), Permias Seattle juga mengadakan kegiatan serupa. Beberapa Permias yang lain menurut Ismunandar akan mengadakan kegiatan di semester musim gugur, jadi sepanjang tahun dari pantai barat ke pantai timur AS di berbagai kampus tidak pernah sepi upaya promosi Indonesia.

Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia DC

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu