Wow, Microlibrary di Bandung Karya SHAU Architect jadi Juara Dunia!

Wow, Microlibrary di Bandung Karya  SHAU Architect jadi Juara Dunia!
info gambar utama

Berprestasi lagi, kali ini Bandung menorehkannya dalam bidang arsitektur. Menang dalam public vote dan jury award di Architizer A+ Awards, SHAU Architect menunjukan kemahiranya lewat perpustakaan kelurahan Bandung, Indonesia untuk kategori Arsitektur Komunitas.

Dikabarkan melalui akun Facebook SHAU Selasa 11 April 2017, SHAU Architect menyatakan kegembiraanya dan menyebutkan bahwa ini merupakan hasil dari dukungan dan usaha bersama semua pihak yang telah terlibat.

Berlokasi di Jalan Taman Bima, Perpustakaan ini berdekatan dengan salah satu bandara di Bandung. Selain itu, Perpustakaan Taman Bima ini merupakan prototipe pertama dari serangkaian perpustakaan kecil yang akan dibangun di Indonesia dalam lokasi yang berbeda-beda.

Tak berhenti sampai disana, misi dari pembangunan oleh SHAU Architect ini patut diacungi jempol. Mengingat tingkat buta huruf dan angka putus sekolah di Indonesia masih tinggi, maka mereka menyebutkan bahwa misinya ialah menghidupkan kembali ketertarikan dalam buku dengan menyediakan tempat yang mendukung untuk membaca dan juga belajar serta kursus-kursus dan juga media lainya.

Suasana di dalam Perpustakaan Bima
info gambar

Selain itu, perpustakaan ini juga menambahkan identitas dan juga merupakan kebanggaan bagi orang-orang disekitar lingkungan tersebut. Aktivitas-aktivitas dan kegiatan mengajar ini didukung dan diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa dan Yayasan Diaspora Indonesia.

Meskipun begitu, tujuan utamanya ialah untuk memungkinkan masyarakat setempat untuk bisa mengatur konten dan memeliharanya secara mandiri. Melihat hal ini, Ridwan Kamil Walikota Bandung bahkan memuji SHAU Architect ini melalui akun Facebook pribadi miliknya, seperti pada postingan berikut.

Berukuran 160m2, perpustakaan ini menawarkan kenyamanan di dalamnya bagi para pecinta buku untuk membaca dan juga belajar beberapa saat disana.

Kenampakan dari dalam Perpustakaan Bima
info gambar

Lantas apa itu Architizer A+ Awards dan bagaimana kota Bandung dipandang tepat memenangkan kategori untuk Arsitektur Komunitas? Mari cari tahu lebih dalam.

Architizer A+ Awards ini merupakan program penghargaan terbesar yang ditujukan bagi produk-produk arsitektur tahunan terbaik di dunia. Dan di tahun 2017 ini merupakan tahun kelimanya sebagai annual program. Tidak sekedar sebagai komunitas arsitektural belaka, para peserta ini dinilai oleh lebih dari 400 tokoh-tokoh dan pemimpin dunia yang berasal dari banyak macam background seperti fashion, penerbitan, pembangunan real estat, dan juga dalam bidang teknologi.

Tujuan dari program ini ialah menciptakan suatu program penghargaan yang mengingatkan dunia betapa pentingnya arsitektur. Bagaimana arsitek berkontribusi dalam setiap jengkal dan juga tempat bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Melihat penjelasan di atas, maka hal ini jelas membanggakan karena Microlibrary karya SHAU Bandung Architect ini dianggap yang terbaik dari sekian banyak bangunan arsitektur dunia lainya dan dipandang pantas atas Awards atau penghargaan yang diberikan.

Selamat SHAU! Lanjutkan penciptaan karya-karya terbaikmu!

*

GNFI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini