Luncurkan ATII, Telkom Rintis Sinergi Infrastruktur Virtual di Asia – Pasifik

Luncurkan ATII, Telkom Rintis Sinergi Infrastruktur Virtual di Asia – Pasifik
info gambar utama

Sebagai upaya dalam menciptakan layanan jaringan baru di negara – negara region Asia Pasifik (APAC), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan APAC Telecom Innovation Initiative (ATII). Bekerjasama dengan Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NTT), peluncuran ini dilakukan di Tokyo pada senin, 17 April lalu dengan dihadiri oleh Executive General Manager (EGM) Divisi Digital Service Telkom, Arief Mustain dan Senior Vice President NTT Network Information Labs, Itadashi Ito.

EGM Divisi Digital Service Telkom Arief Mustain menyatakan teknologi virtual adalah sesuatu yang sangat penting, dimana virtualisasi akan merambah ke semua operator, sehingga kesiapan tersebut perlu untuk dilakukan untuk mengambil keuntungan dari perkembangan teknologi virtualisasi ini. “Telkom sangat mendukung kolaborasi terbuka seperti ini dan berkomitmen untuk berperan aktif sebagai principal member untuk mendapatkan manfaat maksimal dari keikutsertaan ini” ungkap Arief seperti dilansir indotelko.com.

Melihat realita yang ada bahwa operator – operator di negara – negara regional APAC kerap menghadapi tantangan kebutuhan layanan dan trafik telekomunikasi dikarenakan kondisi alam, geografis dan sebagainya, ATII akan mengambangkan dan mengusulkan layanan teknologi baru untuk mengatasi permasalahan tersebut. harapannya, dengan percepatan inovasi dan penciptakan pasar baru bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat luas. Inisiatif ini akan diwujudkan dalam bentuk penelitian-penelitian dan Proof of Concepts (PoC) mengenai kebutuhan network services di era virtualisasi.

Tidak hanya itu, pengembangan berkelanjutan akan dilakukan dengan melakukan kolaborasi dan dukungan dari berbagai mitra. Sebagai permulaan, ATII telah membentuk dan memulai proyek-proyek High Value-added Network Services, Server Platform Virtualization, dan Flexible Access Network Virtualization.

ATII akan segera memulai penelitian bersama dan menerbitkan laporan resmi hasil identifikasi kebutuhan, spesifikasi, juga hasil PoC. Selanjutnya, ATII akan berkomunikasi dan bekerja sama dengan Standards Developing Organizations (SDOs) serta berbagai aliansi industri terkait untuk memperluas dan mengembangkan kegiatan-kegiatan ATII selanjutnya.

Kedepannya, ATII diharapkan dapat segera melakukan uji coba lapangan dengan operator dan mitra yang berpartisipasi dari negara-negara APAC sehingga nantinya akan menghasilkan layanan komersial yang layak digunakan berdasarkan hasil penelitian dan PoC.


Sumber: indotelko.com || prnewswire.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini