Lupa Sandi?

Ada Superhero Wanita Indonesia dalam Komik Besutan DC!

adli hazmi
adli hazmi
0 Komentar
Ada  Superhero Wanita Indonesia dalam Komik Besutan DC!

Mendengar kata superhero pastinya kita mengenal dua rumah produksi besar di dunia, yakni Marvel dan DC Comics. Keduanya saat ini merupakan perusahaan besar yang berbasis komik dan sudah berkembang dengan film-film superhero-nya. Marvel biasanya kita kenal dengan superhero-superhero seperti Spiderman, Ironman, Thor, Captain America dan lain sebagainya sedangkan DC Comics kita bisa kenali dengan karakter-karakter seperti Batman, Teen Titan, Superman, Wonder Woman, Green Lantern dan masih banyak lagi.

Tokoh-tokoh superhero kelas dunia ini telah kita kenal dari kecil, baik dari buku komiknya yang berwarna-warni, kartun hingga film yang telah diproduksi. Namun ternyata diantara karakter-karakter yang telah diproduksi oleh perusahan entertainment ini terdapat superhero asal Indonesia dengan nama asli Indonesia pula.

DC yang didirikan pada tahun 1934 ini tampaknya memiliki apresiasi terhadap Indonesia, telah ada karakter khusus dengan kemampuan superhero yang cukup luar biasa dari Indonesia bernama Sujatmi Sunowaparti atau yang dikenal dengan nama Cascade.

Karakter Cascade

Baca Juga
Cascade (sumber : Boombastis)
Cascade (sumber : Boombastis)

Cascade merupakan perempuan asal Jawa bermata cokelat, berambut hitam dan memiliki tinggi sekitar 160 cm dibuat oleh Paul Kuppeberg bersama Dan Rodriguez yang memiliki kekuatan untuk bertransformasi menjadi elemen air serta sanggup mengendalikan air untuk berubah menjadi berbagai bentuk. Pertama kali kemunculan Cascade adalah pada tahun 1994.

Dikisahkan bahwa Sujatmi Sunowaparti awalnya adalah seorang ativis lingkungan hidup dan juga bekerja di sebuah pertambangan di Kalimantan untuk membantu perekonomian keluarga. Suatu hari Sujatmi terjebak di antara baku tembak dan membuatnya terpapar radiasi Radioactive Isotope secara tidak sengaja.

Ternyata, Sujatmi memiliki gen khusus yang bernama Metagene. Gen ini merupakan gen special yang hanya terdapat pada beberapa manusia yang mampu mengubah seseorang menjadi manusia supee jika dipicu oleh sesuatu. Sujatmi secara tidak sadar telah membawa gen ini dari lahir.

Global Guardian (sumber : http://hai.grid.id)
Global Guardian (sumber : http://hai.grid.id)

Akibat paparan tersebut, Sujatmi memperoleh kekuatan supernya dan mulai aktif menggunakan kekuatannya untuk memerangi kerusuhan dan korupsi yang terjadi di Indonesia. Sujatmi ini kemudian bergabung sebagai anggota Global Guardian, sebuah kelompok superhero DC yang berasal dari berbagai negara. Cascade digambarkan sebagai wanita yang tangguh dan cakap dalam menghadapi musuh serta tegas dalam mengambil tindakan.

Meski Cascade sudah cukup sering muncul di komik DC, seperti komik seri Wonder Woman, Soverign Seen, Justice League Quaterly, DC: 52, Wonder Woman: Paradise Found, dan Infinite Crisis Companion, kemunculan superhero asal Indonesia masih belum disetarakan dengan tokoh utama DC seperti Superman dan Batman. Meski begitu, kita patut berbangga karena adanya pengakuan dari DC akan Indonesia. Semoga kedepannya ada superhero-superhero asal Indonesia yang dibuat oleh komik-komik besar seperti DC dan Marvel.

*

Pilih BanggaBangga54%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi6%
Pilih TerpukauTerpukau7%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADLI HAZMI

Coffee addict, travel and sport enthusiast. a person who really likes international politics. Follow my Instagram @adli_hazmi ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara