Lupa Sandi?

Luar Biasa! Film Animasi Karya Murid SMK dari Banjarnegara Masuk Channel CGBros

Bawono Yadika
Bawono Yadika
0 Komentar
Luar Biasa! Film Animasi Karya Murid SMK dari Banjarnegara Masuk Channel CGBros

Siapa yang tak suka menonton kartun atau film animasi? Anak kecil pun hingga orang dewasa selalu menikmati tontonan yang selalu berhasil menghibur dalam suasana hati apapun. Kartun sendiripun banyak sekali jenisnya, mulai dari kartun gag, editorial, komik, karikatur, hingga kartun animasi seperti yang menjadi pokok perbincangan kita kali ini.

Berbicara mengenai kartun animasi, banyak sekali contoh negara-negara di luar sana yang sudah jauh maju dalam bidang ini hingga negara tetangga yang dalam beberapa periode terakhir mencuri perhatian banyak mata, tak ketinggalan Indonesia sebagai penikmat didalamnya.

Namun seperti apa ya kira-kira dunia ‘kartun animasi’ di Indonesia? Apakah kawan mengetahui karya-karya pemuda negeri yang potensial dalam dunia animasi ini?

Tak perlu pesimis, kali ini karya anak SMK membuktikan bahwa dengan efek CGI yang digunakan mampu menciptakan animasi 3D tanpa harus menggunakan software 3D untuk menampilakan animasi sekelas studio animasi Walt Disney. Penasaran? Beginilah ceritanya.

Baca Juga

Apa itu CGI? CGI (Computer Generated Imagery) ialah aplikasi computer grafis yang digunakan untuk menciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki. Beberapa software CGI yang cukup popular yakni Art of Illusion, Maya, Blender, dan masih banyak lagi.

Salah satu software CGI, Blender.
Salah satu software CGI, Blender.

Kecanggihan teknologi dari CGI yang diaplikasikan melalui film, pada dasarnya sering membuat orang-orang berdecak kagum. Bahkan efek visual yang dihasilkan CGI mampu mengecoh para penontonnya karena sesuatu yang sifatnya imajinasi tampak menjadi sesuatu yang real atau nyata.

Faktanya, tak hanya merambah dalam produksi film berskala besar, saat ini penggunaan CGI ini bahkan juga memasuki film-film dengan produksinya yang terbilang kecil. Dalam kesempatan kali ini, bahkan seorang murid SMK pun bisa menggunakan efek yang satu ini. Bagaimana dengan hasilnya? Tentu saja tak kalah dengan CGI yang digarap secara besar-besaran.

Dia adalah Yuditya Afandi, murid SMKN 2 Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah yang memproduksi film animasi CGI. Berjudulkan ‘Some Night’, film ini secara mandiri ia garap entah dalam animasinya pun visualnya.

Ini dia animasi karya Yuditya yang tampak nyata
Ini dia animasi karya Yuditya yang tampak nyata (foto: inspiratorfreak)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hal yang menjadikan animasi ini menarik ialah, efek CGI yang diterapkan Yuditya tidak menggunakan software sekelas studio animasi Walt Disney. Dia justru menggunakan salah satu software dari CGI yang cukup popular namun tergolong murah yaitu software Blender.

“Tidak masalah software apa yang kamu gunakan karena yang dicari dalam dunia industry adalah hasil karya kamu, bukan software yang kamu gunakan. Walaupun kamu menggunakan Blender namun kamu mampu menghasilkan sebuah masterpiece yang amazing sudah pasti kamu akan lebih dipilih di industri daripada orang yang menggunakan Maya tapi hanya mampu merender Cube,” tutur Yuditya didalam blog pribadinya.

Tak hanya berucap, Yuditya membuktikan ucapannya pribadi dengan masuknya film animasinya dalam channel youtube CGBros. CGBros adalah sebuah channel yang mengkurasi karya 3D animation, Behind the Scenes/Making of VFX, Motion Graphic Design, Show Reels, dan Gaming. Channel CGBros juga banyak menampilkan karya 3D CGI dari seluruh dunia.

“Oh my god This is incredible! Saya berasa mau nangis, “Some Night” baru saja featured di The CGBros! Bagi saya, seorang anak SMK kelas 12 dengan laptop hanya Core i3, RAM hanya 2Gb, VGA hanya AMD Radeon R5, dan sering mengalami crash, ini adalah berita yang sangat menggembirakan.” Ungkapnya dalam akun facebooknya.

Film pendek berdurasi 57 detik ini mengisahkan tentang seorang gadis yang sedang menonton film di laptop-nya dan seekor lebah besar jatuh di depannya. Untuk lebih detail, kawan bisa langsung tonton karya Yuditya berikut ini.


Sumber: diolah dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga76%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli1%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi4%
Pilih TerpukauTerpukau9%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAWONO YADIKA

Saya adalah mahasiswa Sastra Inggris 2013 Universitas Brawijaya. Sekarang saya berada di tahun terakhir dalam masa perkuliahan. Saya sangat menyukai menulis, membaca, dan juga traveling. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie