Lupa Sandi?

Jokowi Rencanakan Branding Melalui Patung Lilinnya Di Madame Tussauds

Dimas Ayuna
Dimas Ayuna
0 Komentar
Jokowi Rencanakan Branding Melalui Patung Lilinnya Di Madame Tussauds

Sosok yang tak asing lagi bagi warga Indonesia ini, kini dapat ditemui di Hong Kong setiap hari, bukan dalam wujud aslinya, namun dalam bentuk patung lilin. Ya, dialah Presiden Joko Widodo. Lelaki yang kerap disapa Jokowi ini menjadi orang Indonesia ke empat yang dibuatkan patung lilin guna menghiasi museum lilin internasional Madame Tussauds.

Setelah sekian lama menunggu proses pembuatan, patung lilin Joko Widodo resmi dipamerkan di Museum Madame Tussauds, Hong Kong. Tepatya Senin, 1 Mei 2017, Presiden Joko Widodo ditemani sang istri, Iriana menyempatkan untuk mengunjungi patung lilin yang merupakan duplikat dirinya dalam bentuk lilin. Patung lilin ini menampilkan Joko Widodo yang mengenakan kemeja putih dengan celana hitam panjang. Tangan kirinya dibuat seakan sedang menggulung lengan kemeja sebelah kanan. Pakaian ini seperti yang dikenakan Joko Widodo sehari-hari. Bahkan mulai dari baju, celana, serta sepatu dikirim langsung dari Istana Negara.

“Kebetulan kemarin ada dua batik yang dikirim sama baju putih dan sepatu,” ujar Ibu Negara, Iriana.

Joko Widodo berfoto dengan patung lilinnya di Madame Tussauds, Hong Kong
Joko Widodo berfoto dengan patung lilinnya di Madame Tussauds, Hong Kong

Seperti yang dihimpun dari news.liputan6.com, Jokowi, sapaan akrabnya mengatakan patung ini seharusnya bisa menjadi bagian penting dari promosi Indonesia kepada dunia. Saat ini, patung lilin Joko Widodo tersebut berdiri di depan latar belakang bergambar Candi Borobudur.

“Nanti diganti lagi, saya minta setiap bulan diganti, bisa Labuan Bajo, Bali, Raja Ampat, Danau Toba, terus diganti backgroundnya. Ini saya kira bagus untuk (promosi) pariwisata kita,” ungkapnya di Madame Tussauds, Hong Kong.

Melalui siaran pers dari Kepala Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di Jakarta (1/15/2017), mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi berharap keberadaan replikannya di Madame Tussauds Hong Kong bisa menarik lebih banyak pengunjung, terutama Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di sana.

Madame Tussauds Dan Tokoh Bangsa Yang Pernah Diabadikan

Pada dasarnya, Museum Madame Tussauds merupakan museum lilin berskala internasional yang tersebar di beberapa negara di dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh Marie Tussaud, seorang pembuat patung lilin. Museum Madame Tussauds ini dihuni oleh patung lilin tokoh-tokoh internasional. Kali ini, patung lilin

Setelah Founding Father Indonesia, Soekarno, Pebulutangkis Rudy Hartono, dan penyanyi Anggun C. Sasmi, kali ini giliran Jokowi lah yang berkesempatan dijadikan patung lilin. Pihak Museum Madame Tussauds menampilkan patung lilin Presiden Joko Widodo lantaran banyaknya permintaan, baik dari pengunjung langsung maupun dari survey yang mereka lakukan. Sebelum memutuskan menjadikan Joko Widodo pihak museum membuka polling yang melibatkan pengunjung untuk memilih siapa tokoh selanjutnya yang akan diabadikan sebagai patung lilin. Beberapa diantara pengunjung yang mengikuti polling juga ada yang memilih tokoh lain seperti Donald Trump ataupun Hillary Clinton. Namun pilihan terbanyak jatuh pada sosok Joko Widodo.

Patung lilin Soekarno
Patung lilin Soekarno

Sebelumnya, Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia, menjadi orang Indonesia pertama yang diabadikan melalui patung lilin oleh Museum Madame Tussauds. Patung lilin ini mengambil tema saat Soekarno berpidato di Amerika pada 30 September 1960. Dalam pembuatannya, informasi mengenai Soekarno didapat langsung dari keluarganya. Kemudian pada tanggal 24 September 2013, patung lilin Soekarno resmi di pamerkan di Museum Madame Tussauds Bangkok.

Patung lilin Rudy Hartono
Patung lilin Rudy Hartono

Orang Indonesia kedua yang diabadikan melalui patung lilin adalah Rudy Hartono, Lelaki kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini diabadikan sebagai patung lilin atas prestasinya dalam dunia bulu tangkis. Anak bangsa ini pernah memenangkan kejuaraan kelas dunia bertajuk All England selama delapan kali. Kemudian atas prestasinya terebut, namanya masuk dalam Guiness Book of World Record di tahun 1982. Menghabiskan dana sebesar 300 ribu Dolar Amerika, patung lilin ini diresmikan pada tahun 2014 lalu.

Patung lilin Anggun C. Sasmi
Patung lilin Anggun C. Sasmi

Sebelum Joko Widodo, orang Indonesia terakhir yang dibuatkan patung lilin adalah Anggun C. Sasmi. Siapa yang tak kenal dengan penyanyi mendunia satu ini? Meskipun saat ini ia memilih berkebangsaan Prancis, perempuan berdarah Indonesia ini merupakan seorang penyanyi kebanggaan Indonesia. Ia telah meraih berbagai penghargaan. Menjadi artis wanita Asia terlaris di luar Asia, perempuan kelahiran Jakarta, 29 April 1974 ini menjadi orang Indonesia ketiga yang mencatatkan namanya di Museum Madame Tussauds. Tepat pada 3 September 2016, patung lilin Anggun C. Sasmi diresmikan dan menjadi bagian dari koleksi Museum Madame Tussauds Bangkok.


Sumber:

Pilih BanggaBangga82%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau9%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG DIMAS AYUNA

Bukan apa-apa, hanya seorang mahasiswi yang sampai sekarang masih belajar menulis. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

International Gamelan Festival 2017 Di Inggris

Andari Widanto Fitria Aisyah3 minggu yang lalu

Langkah Indonesia untuk Menyudahi Konflik Myanmar

Adriani Zulivan3 minggu yang lalu

Puncak Kemeriahan HUT RI ke 72 KBRI Khartoum

Akhyari Hanantosatu bulan yang lalu
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas