Lupa Sandi?

Belajar dari Anak Muda Kamboja, Tolak Liga untuk Latih Sepak Bola di Daerah

Indah Gilang  Pusparani
Indah Gilang Pusparani
0 Komentar
Belajar dari Anak Muda Kamboja, Tolak Liga untuk Latih Sepak Bola di Daerah

Seorang pemain sepak bola Inggris, Charlie Pomroy, terbang dari London ke Delhi pada tahun 2011 untuk mencari inspirasi dan tanpa rencana kembali. Ia tak pernah menyangka, lima tahun kemudian, ia akan memimpin sekolah sepak bola Next Step FC di Kamboja pemuda umur 19 tahun yang percaya ia dapat mengubah dunia dengan sepak bola, Keo Sophal.

Our Better World, program cerita inspiratif dari Singapore International Foundation, berdiskusi dengan pendiri Next Step FC, Pomroy dan Sophal, tentang inspirasinya mendirikan satu-satunya sekolah sepakbola profesional di Siem Riep, Kamboja.

Pomroy bercerita pada Our Better World ketika ia pertama kali bertemu Sophal, ia langsung terkagum-kagum. Sophal merupakan pemain sepak bola yang sangat berbakat. Setelah pertandingan, dia bertanya pada Sophal, “’Mengapa kamu masih di sini? Kamu seharusnya di Cina. Pergilah ke Thailand. Jadi pemain profesional.’ Ini adalah masa emas baginya.”

Baca Juga

Dengan sepenuh hati, Sophal berkata ia tidak mau meninggalkan daerahnya. “Saya harus membantu negeri ini, sebelum saya membantu diri sendiri.”

Next Step FC. Foto: Our Better World
Next Step FC. Foto: Our Better World

Terinspirasi oleh ide dan bakat Sophal, Pomroy mendirikan Next Step FC pada tahun 2014. Mereka percaya sepak bola memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan seseorang, masyarakat, dan bangsa. “Sangat jarang kita menemukan seseorang yang mendahulukan kesuksesan orang daripada dirinya sendiri. Sophal merupakan anak muda yang luar biasa,” kata Pomroy.

Kini, Next Step FC menawarkan kesempatan terbaik bagi anak muda Kamboja untuk meniti karir profesional di dunia sepak bola. Pomroy, Sophal, dan timnya memberikan pelatihan mengenai keterampilan teknis dan pengetahuan tetang sepak bola, kesempatan untuk bertanding dengan lawan-lawan terbaik di Kamboja, dan berlatih dengan pelatih nasional.

Next Step FC. Foto: Our Better World
Next Step FC. Foto: Our Better World

Di luar lapangan, Next Step FC juga mewarkan pelatihan keterampilan sosial yang dibutuhkan untuk pendidikan dan kehidupan profesional. Sophal mengatakan, “Saya memiliki impian bahwa tim saya bisa menjadi pemain sepak bola profesional dengan pendidikan tinggi, sehingga mereka bisa memajukan bangsa ini.”

A story by Our Better World – telling stories of good to inspire action

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG INDAH GILANG PUSPARANI

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of In ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

"Jika Perlu, Saya akan Bangkit dari Kubur"

Akhyari Hanantosatu bulan yang lalu

"...Saya akan bangkit dari kubur"

Akhyari Hanantosatu bulan yang lalu

Ini dia Wonder Woman ala Indonesia

Indah Gilang Pusparani2 bulan yang lalu

Hari itu, Seluruh Tepuk Tangan Tertuju Padanya

Akhyari Hananto2 bulan yang lalu
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas