Lupa Sandi?

Berambut Pirang dan Bermata Biru, Orangutan Langka Ditemukan di Hutan Kalimantan

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Berambut Pirang dan Bermata Biru, Orangutan Langka Ditemukan di Hutan Kalimantan

Orangutan ini tergolong sangat langka, memiliki rambut dan bulu pirang,  bermata biru, dan beberapa hari belakangan ini menjadi headline di berbagai media internasional. telah diselamatkan di Kalimantan. Orangutan albino betina ini berhasil diselamatkan oleh tim BOS (Borneo Orangutan Survival) Foundation dan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah di Desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.  Diperkirakan berumur sekitar 5 tahun. 

Orangutan tersebut dinyatakan albino setelah pihak BOS memeriksa kondisi matanya, pigmen kulit dan bulunya. Ketika terkena cahaya senter misalnya, gerak matanya tidak cepat. Karenanya, dalam penanganannya di pusat rehabilitasi orangutan Nyaru Menteng, ia mendapatkan perlakuan khusus. Dalam waktu dekat BOSF akan mengirimkan sampel DNA kepada lembaga Eijkman, untuk mendapat hasil kajian yang lebih mendalam.

Orangutan Albino | BOS Foundation
Orangutan Albino | BOS Foundation

Orangutan langka itu kini dirawat oleh BOS, dan belum bisa diprediksi apakah ada orangutan albino lain di tempat lain, karena menurutnya sistem reproduksi orangutan tergolong unik. Bisa jadi si orangutan albino tersebut adalah satu-satunya di dunia. Seekor betina memiliki interval delapan tahun dari kehamilan satu, kedua dan seterusnya, seperti rilis oleh Vice dan BBC.  

BOS menampung nyaris 700 ekor orangutan di fasilitas penangkaran yang mereka kelola. Sejauh ini, lembaga tersebut telah melepasliarkan 276 orangutan sejak enam tahun lalu. 

Orangutan kalimantan diklasifikasikan sebagai satwa dengan status konservasi “Kritis” oleh International Union for Conservation Nature (IUCN). Kelestarian primata ini terancam oleh perburuan liar, peyusutan habitat akibat penebangan ilegal maupun alih fungsi lahan untuk perkebunan kelapa sawit, dan perdagangan ilegal.

----

Sumber dan referensi :

Orangutan.or.id

Mongabay.co.id

Nationalgeographic.co.id

Vice.com

BBC.com

Pilih BanggaBangga9%
Pilih SedihSedih14%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau63%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Satu-Satunya Ikan Yang Bisa Berjalan Ini Hidup di Kalimantan

Agatha Olivia Victoriasatu bulan yang lalu

Pulau di Bima ini Penuh Dengan Ular. Tak Berbisa

Akhyari Hanantosatu bulan yang lalu

Tanaman Rempah Indonesia Hadir di Belanda

Adriani Zulivansatu bulan yang lalu
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas