Berambut Pirang dan Bermata Biru, Orangutan Langka Ditemukan di Hutan Kalimantan

Berambut Pirang dan Bermata Biru, Orangutan Langka Ditemukan di Hutan Kalimantan
info gambar utama

Orangutan ini tergolong sangat langka, memiliki rambut dan bulu pirang, bermata biru, dan beberapa hari belakangan ini menjadi headline di berbagai media internasional. telah diselamatkan di Kalimantan. Orangutan albino betina ini berhasil diselamatkan oleh tim BOS (Borneo Orangutan Survival) Foundation dan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah di Desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Diperkirakan berumur sekitar 5 tahun.

Orangutan tersebut dinyatakan albino setelah pihak BOS memeriksa kondisi matanya, pigmen kulit dan bulunya. Ketika terkena cahaya senter misalnya, gerak matanya tidak cepat. Karenanya, dalam penanganannya di pusat rehabilitasi orangutan Nyaru Menteng, ia mendapatkan perlakuan khusus. Dalam waktu dekat BOSF akan mengirimkan sampel DNA kepada lembaga Eijkman, untuk mendapat hasil kajian yang lebih mendalam.

Orangutan Albino | BOS Foundation
info gambar

Orangutan langka itu kini dirawat oleh BOS, dan belum bisa diprediksi apakah ada orangutan albino lain di tempat lain, karena menurutnya sistem reproduksi orangutan tergolong unik. Bisa jadi si orangutan albino tersebut adalah satu-satunya di dunia. Seekor betina memiliki interval delapan tahun dari kehamilan satu, kedua dan seterusnya, seperti rilis oleh Vice dan BBC.

BOS menampung nyaris 700 ekor orangutan di fasilitas penangkaran yang mereka kelola. Sejauh ini, lembaga tersebut telah melepasliarkan 276 orangutan sejak enam tahun lalu.

Orangutan kalimantan diklasifikasikan sebagai satwa dengan status konservasi “Kritis” oleh International Union for Conservation Nature (IUCN). Kelestarian primata ini terancam oleh perburuan liar, peyusutan habitat akibat penebangan ilegal maupun alih fungsi lahan untuk perkebunan kelapa sawit, dan perdagangan ilegal.

----

Sumber dan referensi :

Orangutan.or.id

Mongabay.co.id

Nationalgeographic.co.id

Vice.com

BBC.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini