Air Suci Waisak 2561 BE/2017

Air Suci Waisak 2561 BE/2017
info gambar utama

Puluhan pendeta agama Buddha dari delapan Sangha Selain delapan Sangha, dan beberapa pendeta asal Thailand ikut bergabung pada acara pengambilan air suci Waisak di Sumber Air Jumprit (8/5).

Air berkah dari Umbul Jumprit, lereng Gunung Sindoro, Desa Tegalrejo, Kabupaten Temanggung, dilakukan 2 hari menjelang detik detik puncak perayaan Waisak 2561 BE/2017 tingkat nasional di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada hari Kamis dinihari mendatang.

Sebelum mengambil air, masing-masing majelis melakukan puja bakti di altar yang telah disiapkan di kompleks Umbul Jumprit lokasi yang berada tidak jauh dari sumber mata air ini.

Ada delapan majelis yang mengikuti ritual pengambilan air berkah, yakni Sangha Theravada, Tantrayana, Tridharma, Kasogatan, Mahayana, Mapanbumi, Madhatantri, dan Mahanikaya.

Pada 8 Mei 2017, Ribuan botol yang sudah diisi air berkah akan disemayamkan di Candi Mendut. Dari Candi Mendut, air berkah akan dibawa menuju Candi Borobudur untuk sarana puja kepada para dewa dan bodhisattva.Rangkaian Kegiatan hari Suci

Waisak sudah terlihat gaungnya mulai beberapa hari yang lalu, dimulai pada hari minggu 30 April 2017 dengan melaksanakan bakti sosial Taman Makam Pahlawan ( TMP ) di seluruh wilayah Indonesia oleh WALUBI. dilanjutkan pengobatan geratis di taman wisata Candi Borobudur pada tanggal 6 dan 7 Mei 2017 .


Sumber: fadkus

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F.
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini