Laris Manis di Luar Negeri, Alutsista Mumpuni Karya Anak Negeri

Laris Manis di Luar Negeri, Alutsista Mumpuni Karya Anak Negeri
info gambar utama

Industri alat utama sistem senjata (alutsista) yang ada di Indonesia tidak bisa dianggap sebelah mata. Sebagai salah satu negara dengan sistem pertahanan paling mumpuni di dunia, Indonesia juga memiliki kemampuan luar biasa dalam memproduksi alutsista. Banyak produk buatan Indonesia yang kerap menjadi incaran bangsa – bangsa lain, dikarenakan kualitas dan kemampuan alat – alat tersebut yang sangat mengagumkan.

Mulai dari senjata, kendaraan tempur, hingga pesawat terbang, berikut adalah beberapa alutsista karya anak bangsa yang mampu menembus pasar internasional, dan menjadi incaran dari Asia hingga ke Afrika.

Pesawat CN235

(airlines.net)
info gambar

Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Pakistan, Filipina, hingga Uni Emirat Arab adalah beberapa negara yang memesan pesawat produksi PT Dirgantara Indonesia ini. Bahkan, pesawat ini juga mulai dipasarkan di Belgia dikarenakan spesifikasinya yang cocok dengan kebutuhan di sana. Pesawat yang diproduksi di Bandung ini memiliki kapasitas 49 penumpang, mampu lepas landas dengan landasan yang pendek hingga landasan yang belum beraspal. Pesawat ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengangkut penerjun, evakuasi medis, pesawat sipil dan sebagainya.

Panser Anoa 6x6

(jakartegreater.com)
info gambar

Panser ini merupakan kendaraan pengangkut yang diproduksi oleh PT Pindad. Kendaraan bermesin Renault ini sangat fleksibel dan dilengkapi dengan persenjataan seperti senapan mesin berkaliber 12,7 mm. Negara – negara yang meminati dan menggunakan panser ini adalah Malaysia, Brunei Darussalam dan Oman. Bahkan, panser jenis ini pernah dipesan oleh PBB dan digunakan sebagai kendaraan untuk misi perdamaian. PT Pindad kini telah memproduksi lebih dari 260 kendaraan jenis ini dan yang terbaru, memodifikasi panser ini untuk bisa berjalan dan bermanuver di darat dan di air.

Senapan SS -2

(pindad.com)
info gambar

Senapan Serbu (SS-2) adalah produk buatan PT Pindad yang cukup laris di berbagai kalangan pasukan militer dunia. Dengan kaliberpeluru 5,56 mm, SS-2 dikenal sebagai senapan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan stabil. Berbagai negara seperti Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Iraq, Bangladesh serta Myanmar menjadi negara – negara yang menggunakan senapan buatan Indonesia ini. Sampai hari ini, telah lebih dari 50 ribu pucuk senjata andalan ini yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Kepala Roket

(tempo.co)
info gambar

Sebuah perusahaan di Malang, yakni PT Sari Bahari Ngalam yang berada di Jawa Timur ini memproduksi kepala roket (smoke warhead) yang berkualitas dunia. Tidak tanggung – tanggung, smoke warhead yang dibuat oleh perusahaan nasional ini digadang – gadang mampu mengalahkan produk serupa yang buatan Amerika maupun Rusia. Hingga saat ini, Smoke Warhead buatan Indonesia telah diekspor hingga ke Chili.

Kapal SSV

(detik.com)
info gambar

Strategic Sealift Vessel (SSV) merupakan kapal perang yang diproduksi oleh PT PAL. Dengan bobot maksimal 7.200 ton, SSv mampu bertahan di lautan selama 30 hari serta dapat menampung penumpang sebanyak 621 orang. Tak hanya itu, kapal ini mampu menampung tank, kendaraan tempur, mobil rumah sakit, hingga transporter serta kapal patrol. Kapal ini telah diekspor sebanyak dua buah ke negara tetangga, Filipina.


Sumber: liputan6.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini