Mahasiswa Gelar Festival Budaya Indonesia Terbesar di Inggris Utara

Mahasiswa Gelar Festival Budaya Indonesia Terbesar di Inggris Utara
info gambar utama

Mahasiswa Indonesia di Newcastle, Inggris menggelar festival budaya yang bertajuk “Discover Indonesia” (DI) pada Rabu (4/5), Kamis (5/5), dan Minggu (7/5) untuk mempromosikan keunikan dan keragaman budaya Indonesia ke dunia internasional.

Diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Newcastle, acara ini merupakan ajang budaya Indonesia terbesar di Inggris Utara. Berbeda dengan festival budaya lain di Inggris yang seringkali hanya satu hari, Discover Indonesia menawarkan serangkaian acara yang terdiri dari pameran dua hari dan malam budaya memukai dengan drama, tari, dan musik tradisional Indonesia.

Foto: Discover Indonesia 2017
info gambar

“Discover Indonesia merupakan ajang tahunan kami yang telah berlangsung selama 4 tahun, yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkenalkan budaya Indonesia di Inggris,” kata Alfred Sudjaka, Marketing Officer Discover Indonesia.

Dengan tema “Patriotisme Indonesia”, bazar yang berlangsung dua hari menampilkan berbagai peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Hampir seribu orang mengunjungi pameran tersebut yang berlokasi di the Student Forum, Newcastle University, area tersibuk di pusat kota Newcastle. Pertunjukan flashmob di tengah acara juga menarik minat pengunjung di tengah kesibukan kota.

Pengunjung di pameran kuliner dan budaya Discover Indonesia. Foto: Discover Indonesia 2017
info gambar

Para pengunjung memadati berbagai stall makanan yang menawarkan rendang dan sate, yang merupakan makanan terlezat sedunia menurut CNN, martabak, gudeg Jogja, dan banyak bahan-bahan makanan khas Indonesia, seperti mi instan, kerupuk udang, gula merah, kecap, dan sambal.

Bahan makanan khas Indonesia. Foto: Discover Indonesia 2017
info gambar

Hari yang cerah di musim panas memeriahkan suasana di mana pengunjung asik berjemur sambil menyantap makan siang ala Indonesia dan menikmati berbagai pertunjukan budaya. Selain itu, para pengunjung juga mendapat informasi mengenai destinasi pariwisata, serta belajar Bahasa Indonesia dan batik.

Bahkan, banyak juga dari mereka yang antusias mengikuti permainan tradisional seperti estafet karet, memindahkan kelereng dengan mulut, dan lomba makan Indomie yang sangat ditunggu-tunggu. Popularitas Indomie sudah diakui oleh dunia, bahkan menjadi yang produk konsumen nomor 1 di Afrika.

Lomba makan Indomie. Foto: Discover Indonesia 2017
info gambar

“Kami mendapat banyak pujian karena bisa menggelar acara yang sangat besar dan beragam, khususnya dengan semua tenda dan dekorasi meriah yang menunjukkan budaya dan identitas Indonesia,” ujar Brigitta Kelly, representative dari Tim Media dan Marketing Discover Indonesia.

Makan siang ala Indonesia sambil berjemur. Foto: Discover Indonesia
info gambar

Mahasiswa Indonesia di Newcastle mengadakan rangkaian acara jauh-jauh hari sebelum acara puncak, untuk mempromosikan budaya Indonesia ke masyarakat lokal. Discover Indonesia menggelar serangkaian pameran kuliner dan budaya bekerjasama dengan berbagai institusi, seperti Newcastle University Student Union, National University Business School, dan Jesmond Parish Church.

Puncak acara Discover Indonesia menampilkan pertunjukan drama mengenai Patih Gadjah Mada dan Kerajaan Majapahit pada hari MInggu (7/5) di Northumbria University, Newcastle.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini