5 Kuliner yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat di Yogyakarta

5 Kuliner yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat di Yogyakarta
info gambar utama

Yogyakarta, sebuah kota yang terbuat dari rindu. Jadi apabila kamu pernah kesana atau pernah merasakan suasana Jogja, pasti akan selalu ingin datang kembali. Yogyakarta ini juga terkenal dengan kulinernya yang unik dan bahkan ada yang bisa dibilang aneh. Nah buat kamu yang mungkin baru pertama kali ke Jogja, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lewatkan dan wajib untuk mencoba beberapa kuliner khas Yogyakarta ini.

1. Kopi Jos Khas Angkringan

Penampakan Kopi Jos via nemob.id
info gambar

Pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya angkringan saat kamu berada di Yogyakarta. Namun buat kamu yang baru datang ke Yogyakarta, angkrignan ini adalah sebuah warung makan sederhana yang biasanya berada di pnggir jalan. Disini kamu dapat menemukan berbagai macam gorengan dan nasi bungkus atau istilahanya adalah nasi kucing. Uniknya, di angkringan ini ada kopi jos. Mungkin yang baru tahu hal ini bisa dibilang aneh. Karena Kopi ini ada arang panasya. Yap memang benar kopi jos ini adalah kopi panas yang di celupkan sebuah arang panas yang masih membara terus terdengan suara (Jos). Nah kamu bisa mencobanya diangkringan dekat Stasiun Tugu. Disana juga ada angkringan yang memang terkenal dengan kopi Jos ini yakni Angkrigan Lik Man, penasaran?

2. Sate Klatak Khas Yogyakarta

Sate Klatak khas Yogyakarta via kabarkuliner.com
info gambar

Kenapa sate? Karena disini ada sate kambing yang memang sangat unik, selain itu untuk rasa jangan ditanya lagi disini terkenal enaknya. Sate yang satu ini terbuat dari daging kambing pilihan dan tusuk satenya dari jeruji besi. Mau coba? Kuliner ini ada di daerah Yogya Selatan.

3. Gudeg Pawon Khas Yogyakarta

Staf yang melayani di Gudeg Pawon via jogja2.com
info gambar

Pasti kamu juga tau Yogyakarta dijuluki Kota Gudeg. Tidak afdol jika datang ke Yogyakarta tanpa mencoba makanan khas yang satu ini. Memang sangat banyak warung yang menjajakan gudeg, namun ada satu tempat yang menyajikan gudeg ini dengan cara unik. Gudeg Pawon ini adalah nama jawa dari gudeg dapur, jadi gudeg pawon ini disajikan langsung di dapur atau pawon, kamu bisa mengambil langsung disana. Namun ingat, jika ingin mencobanya jam buka dari gudeg ini adalah pukul 10 malam, jangan sampai datang terlambat karena gudeg yang satu ini sangat laris, jadi kamu harus datang lebih awal.

4. Gudeg Wijilan

Kawasan penjual gudeg siang hari via santapjogja.com
info gambar

Buat kamu yang ingin mencoba gudeg saat siang hari, kamu bisa datang di area Wijilan. Disini terdapat beberapa warung gudeg khas Jogja yang berderet, jadi kamu bisa membeli dan makan disana jika ingin mencoba Gudeg Khas Jogja.

5. Oseng-Oseng Mercon

Pedasnya oseng-oseng mercon via telusurjogja.com
info gambar

Jika kamu pecinta kuliner pedas, harus merasakan pedasnya oseng-oseng mercon yang memang terkenal di Jogja yaitu Oseng-Oseng Mercon Bu Narti. Kuliner khas Jogja yang satu ini memang sangatlah pedas seperti bisa meledak di mulut, jadi dinamakan oseng-oseng mercon. Kuliner yang satu ini merupakan olahan dari kikil, gajih, kulit, dan tulang muda. Berani coba?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DD
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini