Lupa Sandi?

Lyodra, Remaja 13 Tahun yang Berhasil Memenangkan Kompetisi Soloist di Italia

Dimas Ayuna
Dimas Ayuna
0 Komentar
Lyodra, Remaja 13 Tahun yang Berhasil Memenangkan Kompetisi Soloist di Italia

Gadis yang sedang beranjak remaja itu berdiri bangga di atas panggung. Menyongsong sebuah piala, wajahnya nampak bersinar bahagia diiringi semarak tepuk tangan para penonton. Bagaimana tidak, hari itu, 6 Mei 20017 adalah hari kemenangannya. Pun begitu, bukan hanya menjadi hari kemenangan atas namanya saja, ia juga membanggakan nama sebuah bangsa, Indonesia. siapakah dia?

Warga Medan patut berbangga, salah satu putri kebanggaannya, Lyodra Margaretha Ginting berhasil mengharumkan nama Inonesia di kancah internasional. Kali ini melalui skill bernyanyinya, ia berhasil menjuarai ajang bernyanyi internasional yang diselenggarakan di Italia. Tepatnya di ajang Sanremo Junior Festival, Italia.

Penganugerahan piala juara pada Lyodra
Penganugerahan piala juara pada Lyodra

Menyanyikan lagu berjudul ‘Dear Dream’ yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Janji untuk Mimpi', gadis 13 tahun ini menjuarai ajang menyanyi internasional soloist anak dengan rentang usia 6-15 tahun. Menampilkan performa dan suara yang gemilang, gadis asal Medan ini kalahkan 22 peserta dari 18 negara. Bukan hanya itu, meskipun sempat merasa sagat gugup sebelum tampil. Lyodra mampu tampil apik dan sukses tuai standing ovation dari para penonton.

Usaha kerasnya selama ini tak sia-sia. Selama berbulan-bulan, ia berlatih di bawah asuhan ayah-anak Erwin Gutawa dan Gita Gutawa. Ia merupakan salah satu anggota grup Di Atas Rata-rata (DARR) generasi ke-2, sebuah proyek besutan duo Gutawa yang mencari dan menampilkan kehebatan anak Indonesia di bidang musik. Kemenangan ini seolah menggambarkan perpaduan bakat, kerja keras, dan latihan. Gita Gutawa menyebutkan, Lyodra memiliki karakter vokal yang luar biasa dan berkelas festival.

Baca Juga

Berdasarkan data yang diperoleh dari siaran pers KBRI Roma, Jumat 12 Mei lalu, mengungkapkan bahwa setelah mengikuti festival internasional ini, Lyodra bersama Gita Gutawa dan asisten dari tim bertemu Duta Besar RI di Roma. Kemudian dalam kesempatan itulah Lyodra menceritakan bagaimana upayanya dalam mengikuti kompetisi ini dan akhirnya bisa mencantumkan namanya sebagai juara dan mengharumkan nama Indonesia.

“Selain berlatih vokal, juga harus berusaha keras menahan diri untuk tidak mengkonsumsi es krim dan coklat. Padahal itu makanan favorit,” ceritanya saat berada di KBRI Roma.

Lyodra bersama para peserta lainnya
Lyodra bersama para peserta lainnya

Lyodra mengaku tidak pernah bermimpi untuk mendapat kesempatan berkunjung ke Italia. Perjalanannya kali ini juga menjadi perjalanan pertamanya ke luar negeri. Gadis dengan suara kelas dunia ini juga menyatakan bahwa kemenangannya bukan hanya menjadi miliknya, tapi juga orang-orang yang selama ini selalu mendukukngnya.

“Dapat juara, aku sampai sekarang masih belum percaya. Pas briefing tidak ada target juara satu. Saat itu, aku ingin menunjukkan dan tampil yang terbaik untuk bangsa,” jelas Lyodra.

Kebanggaan bukan hanya dirasakan oleh Lyodra beserta timnya, kedua orangtuanya di Medan juga merasakan haru bahagia mendengar kabar kemenangan putrinya di Italia. Simar Ginting, ayah Lyodra mengungkapkan kebanggaannya dengan menceritakan proses sang buah hati hingga bisa memengankan kompetisi tingkat internasional ini.

“Akhir bulan ke-3 kemarin dipilih, lalu bulan April persiapan, lalu tanggal 30 April berangkat ke sana, sampai di sana 1 Mei. Tanggal 2 geladiresik, tanggal 3 mulai festival. 3 hari kemudian pengumuman,” ungkapnya.

Lyodra di Sanremo
Lyodra di Sanremo

Meskipun sempat kecewa lantaran tidak dapat menemani Lyodra secara langsung, ia sempat sama sekali tidak menduga anaknya bakal membawa pulang piala juara. Ia mengungkapkan bahwa sebenarnya saat anaknya beserta tim dari DARR berangkat ke Italia, mereka sama sekali tidak menargetkan apa pun. Namun pihak Erwin Gutawa sendiri lebih menekankan pada pengalaman anak asuhnya di DARR untuk tampil di luar negeri.

“Ke sana sebenarnya enggak ada target, nothing to lose aja. Abis dia tampil, aku Tanya ‘Gimana, peluang (menang)?’, kata dia ‘Enggak udah bicara menang, yang penting udah berusaha sebaik-baiknya’,” ujarnya lega.

Lyodra menjadi salah satu anak bangsa yang bersinar di kancah internasional berkat bakat serta skilnya bernyanyi. Ia menambah daftar panjang nama anak bangsa yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia.


Sumber: Kompas.com, inspiratorfreak.com, kumparan.com.

Pilih BanggaBangga88%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG DIMAS AYUNA

Bukan apa-apa, hanya seorang mahasiswi yang sampai sekarang masih belajar menulis. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata