Geliat Wisata di Pulau Widi, Maldivesnya Indonesia

Geliat Wisata di Pulau Widi, Maldivesnya Indonesia
info gambar utama

Pariwisata Indonesia makin bergeliat. Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara semakin serius untuk mengolah daerahnya menjadi kawasan wisata unggulan dengan memfokuskan pada pembangunan wisata bahari. Pulau Widi menjadi fokus utama pemerintah dalam upaya tersebut. Ya, pulau ini memang sudah dikenal secara luas sebagai salah satu “surga dunia” bagi para penikmat alam pantai dengan keindahannya yang sangat menakjubkan.

Terdiri dari 99 buah pulau kecil berjejeran dengan hamparan pasir putih yang membalut, Pulau Widi kerap disandingkan tempat – tempat wisata dunia yang lainnya serta bahkan disebut dengan nama “Maldives” versi Indonesia.

"Widi ini memang masa depan bangkitnya pariwisata Halmahera Selatan. Maka kami selaku Dinas Pariwisata diberi tugas untuk mempromosikan secara besar-besaran," kata Nur Kamarullah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Halmahera Selatan seperti dilansir tempo.co.

Keindahan pasir putihnya membuat pulau ini kerap disandingkan dengan Maldives (okezone.com)
info gambar

Selain pembangunan besar – besaran yang dilakukan di Pulau Widi, berbagai festival dan event berbasis wisata juga direncanakan untuk digelar sepanjang tahun ini, dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut. Salah satunya adalah International Fishing Tournament yang akan berlangsung pada Oktober mendatang, yang juga direncanakan akan dibuka secara resmi oleh PResiden Joko Widodo. Telah ada 100 pemancing dari berbagai negara di dunia yang sudah melakukan konfirmasi bahwa mereka akan menghadiri turnamen tersebut.

Tidak hanya itu, pemerintah setempat pun getol untuk melakukan promosi dari daerah ke daerah. Mulai dari promosi diving di Jakarta, Festival Legu Gam di Maluku Utara dan di Yogyakarta serta rencana promosi ke Batam pada bulan depan. Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan Festival Kuliner dan Budaya bertajuk Widi Festival yang juga akan dibuka oleh Ibu Negara.

Dalam festival tersebut, beberapa pulau yang menjadi andalan akan diperkenalkan, seperti Tanjung Tauno sebagai habitat duyung dan Tanjung Santari sebagai padang pasir putih dan budidaya rumput laut. Dikatakan bahw ahal – hal tersebut ebrtujuan untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai kekayaan dan keanekaragaman hayati yang ada di daerah tersebut.

Keindahan Pulau Widi memang tidak bisa diragukan lagi. Suasana yang tenang dengan kicauan burung menjadi teman bagi para wisatawan yang datang dan menghabiskan waktu di sana. Snorkeling, bermain pasir, berenang, ataupun diving menjadi hal yang patutu dicoba di pulau ini, sebab Widi yang eksotis ini memiliki keindahan terumbu karangnya masih alami, sangat cocok untuk dicoba sensasinya.


Sumber: tempo.co || okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini