Lupa Sandi?

Komitmen Angkasa Pura Kembangkan Layanan Berbasis Teknologi

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Komitmen Angkasa Pura Kembangkan Layanan Berbasis Teknologi

Mewujudkan Bandara Digital di Indonesia bukan lagi menjadi wacana belaka. Komitmen korporasi yang sangat kuat diwujudkan oleh PT Angkasa Pura II yang meluncurkan aplikasi bernama “Indonesia Airport” bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2017 lalu. Peluncuran di momen tersebut menandai semangat kebangkitan bandara – bandara di Indonesia melalui inovasi teknologi digital yang diharapkan bisa bersaing dengan bandara – bandara kelas dunia lainnya.

Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II dalam pernyataannya menyampaikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan infrastruktur teknologi yang baik, maka itu harus dimanfaatkan dengan baik pula.“Indonesia adalah salah satu negara dengan infrastruktur teknologi informasi yang cukup baik dan hal itu harus dapat dimanfaatkan oleh pengelola bandara untuk dapat mengaplikasikan teknologi digital guna mendukung pelayanan dan menghadirkan nilai tambah di setiap bandara yang ada di negeri ini,” jelasnya.

Lewat aplikasi Indonesia Airports, penumpang akan dibantu dengan beragam fasilitas mulai dari pre – jorney, on – journey hingga post – journey. "Aplikasi Indonesia Airports didesain khusus untuk membantu travellers agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di bandara-bandara AP II. Di samping itu, Indonesia Airports juga hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat luas akan aplikasi di smartphone yang kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari," lanjut Awaluddin.   

Aplikasi Indonesian Airports (Angkasa Pura II)
Aplikasi Indonesian Airports (Angkasa Pura II)

Tranformasi digital tersebut dilakukan berdasarkan 3 hal, yakni pengalaman pelanggan, efektivitas dan efisiensi sistem operasi, serta model bisnis yang ada. Pelanggan sudah bisa mengunduh aplikasi ini melalui gadget berbasis android maupun iOS, dimana hal ini sejalan dengan upaya PT Angakasa Pura II untuk meningkatkan peayanan di 13 bandara yang dikelolanya. Hingga kini, aplikasi Indonesia Airports telah digunakan lebih dari 17ribu pengguna smartphone.

Terkait dengan pengembangan efektivitas dan efisiensi peayanan, PT Angkasa Pura II juga membangunaplikasi iPerform yang digunakan oleh seluruh karyawan PT Angkasa Pura II. Aplikasi tersebut digunakan sebagai basis pengoperasian bandara, sehingga banyak proses bisnis bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Selanjutnya dengan pemanfaatan teknologi digital, AP II berupaya menciptakan bisnis model baru yang nantinya akan menjadi portofolio bisnis korporasi, seperti ICT content, big data, dan bisnis baru lainnya.


Sumber: PT Angkasa Pura II

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata