Lupa Sandi?

Surabaya dan Liverpool menjadi Sister City lho!

Vidyana Putri Hidayati
Vidyana Putri Hidayati
0 Komentar
Surabaya dan Liverpool menjadi Sister City lho!

Siapa yang tidak mengenal Liverpool? Salah satu kota di Inggris yang tersohor lewat klub sepakbolanya. Tak hanya itu, Liverpool juga terkenal sebagai kota pelabuhan dan sentra ekonomi, begitu pula dengan Surabaya. Persamaan karakteristik inilah yang mendorong Surabaya dan Liverpool untuk menjalin sebuah kerjasama yang disebut dengan Sister City.

Sister City merupakan hubungan kerjasama kota bersaudara yang dilaksanakan antara Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Administratif dengan Pemerintah Kota setingkat di luar negeri dimana kerjasama tersebut diarahkan untuk penyelenggaraan hubungan dan kerjasama yang bermanfaat dan saling menguntungkan. Kerjasama Sister City antara Surabaya dan Liverpool nantinya akan meliputi kerjasama smart city, maritim, dan ekonomi kreatif sebagaimana tertuang dalam Letter on Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Bu Risma dan Walikota Liverpool, Joe Anderson pada tanggal 17 Mei 2017. LoI tersebut nantinya akan mendorong bentuk landasan hukum yang lebih komprehensif terkait dengan kerjasama Sister City ini.

Bu Risma dan Walikota Liverpool, Joe Anderson sedang menandatangani Letter of Intent (LoI) Sister City
Bu Risma dan Walikota Liverpool, Joe Anderson sedang menandatangani Letter of Intent (LoI) Sister City

Penandatanganan LoI tersebut juga merupakan salah satu agenda dalam kunjungan Bu Risma ke Inggris yang berlangsung pada tanggal 16-19 Mei 2017. Dalam kunjungan ini, Bu Risma menghadiri New Plastic Economy Price di London sebagai pembicara terkait dengan pengolaan sampah. Bu Risma melalui testimoninya mengungkapkan bahwa kota Surabaya telah secara aktif melakukan proses daur ulang dan memanfaat sampah plastik. Tak lupa, Bu Risma juga menunjukkan hasil olahan limbah plastik berupa payung kepada Pangeran Charles. Seperti yang dilansir di Instagram Bu Risma, Pangeran Charles sangat terkesan dengan payung berbahan limbah sampah plastik tersebut.

Bu Risma menunjukkan payung hasil olahan limbah plastik kepada Pangaran Charles
Bu Risma menunjukkan payung hasil olahan limbah plastik kepada Pangeran Charles

Tak hanya itu, Bu Risma juga sempat mengamati fasilitas pengembagan ekonomi kreatif yang ada di Foundation of Art and Creative Technology (FACT) berlokasi di Liverpool untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang perkembangan ekonomi kreatif dan Mersey Maritime yang merupakan lembaga pendukung bisnis di bidang maritim. Walikota Liverpool, Joe Anderson pun mengajak Bu Risma untuk hadir dalam International Business Festival pada tahun 2018 di Liverpool dengan harapan Surabaya dapat mendapatkan perhatian yang lebih besar dari pengusaha dan pebisnis Inggris terhadap potensi ekonomi dan bisnis kota Surabaya.

Baca Juga

Nah, kira-kira project apa saja ya yang akan dilakukan oleh Surabaya dan Liverpool nanti? Kita tunggu kabar baiknya!


Sumber:

http://bdg.ksln.co.id/sejarah.php

http://www.kemlu.go.id/id/berita/berita-perwakilan/Pages/Ibu-Risma-Tandatangani-Kerjasama-Kota-Kembar-Surabaya-Liverpool.aspx

https://www.instagram.com/trirismaharini/?hl=en

Pilih BanggaBangga86%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau7%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG VIDYANA PUTRI HIDAYATI

belajar menulis dan mencintai sejak 1992. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara