Lupa Sandi?

Jadi Tren Dunia, Ini dia Sembilan Kampung Pelangi di Indonesia

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Jadi Tren Dunia, Ini dia Sembilan Kampung Pelangi di Indonesia

Kampung pelangi sedang jadi tren masa kini.  Beberapa tahun belakangan, pemerintah, swasta, maupun pihak – pihak lain seperti mahasiswa dan organisasi komunitas melakukan beragam kegiatan untuk mempercantik kampung – kampung yang sebelumnya kumuh menjadi tempat wisata yang indah dan menarik. Mengecat rumah – rumah dengan warna – warni yang menarik mata, bangunan – bangunan tersebut sukses berubah citra menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi orang. Pesonanya bahkan menjadi perbincangan di media sosial netizen di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, kampung pelangi tersebar di berbagai kota mulai dari Jawa, Sumatra hingga Kalimantan. dirangkum dari beberapa sumber, berikut sembilan kampung pelangi yang ada di Indonesia.

Kampung Werno, Ambarawa, Semarang

(travelingyuk.com)
(travelingyuk.com)

Berada di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, kampung ini dibelah oleh Sungai Kalipanjang.  Dinding – dinding rumahnya dicat dengan motif dan warna – warni tertentu, bahkan jembatannya pun ikut diwarnai dengan indah. Di beberapa spot juga terdapat properti seperti sepeda ontel ataupun vespa tua yang bisa menambah variasi berfoto ria di kampung ini. Tak heran, seminggu setelah dibuka, lebih dari 300 orang telah datang dan berfoto di Kampung Werno.

Baca Juga

Kampung Jodipan, Malang

(viva.co.id)
(viva.co.id)

Kampung Jodipan, terletak di bantaran Kali Brantas, kecamatan Blimbing Kota Malang. Perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan biru yang menghiasi berbagai rumah yang ada di kampung ini menjadikannya sebagai tempat yang sedap dipandang mata sekaligus menarik untuk dijadikan tempat berfoto ria. Sepintas, jika dilihat dari atas Jembatan Brantas kampung Jodipan sangat mirip dengan Favela Santa Maria yang ada di Rio De Janeiro, Brazil.

 

Kampung Tridi, Malang

(kompas.com)
(kompas.com)

Berada dekat dengan Kampung Jodipan, Kampung Tridi merupakan salah satu kawasan yang wajib untuk dikunjungi bagi para penggemar foto. Rumah – rumah di Kampung Tridi juga dicat dengan warna – warni, namun yang paling menarik perhatian adalah gambar – gambar mural 3 dimensi yang ada di tembok – tembok rumah warga.  Bentuk 3D membuat gambar tersebut seolah – olah nyata, menghasilkan perpaduan yang menarik ketika berfoto di tempat ini.

Kampung Code, Yogyakarta

(sigerindo.com)
(sigerindo.com)

Terletak di bantaran Kali Code, Yogyakarta, rumah – rumah ini mulai dicat warna – warni sejak tahun 2015 silam. Pemukiman yang sebelumnya terlihat kumuh itu menjadi semarak dengan warna – warni, hasil dari sebuah proyek CSR yang dilakukan sebuah perusahaan. Membawa tema “Show Your Colour,”  kampung ini terlihat sangat indah dari tepi jembatan Gondolayu dan menjadi penarik perhatian bagi para pengguna jalan yang kebetulan melewati area tersebut.

Kampung Warna – Warni Kalilo, Banyuwangi

(travellingyuk.com)
(travellingyuk.com)

Kampung ini berada di tepi Sungai Kalilo. Lewat program Banyuwangi Berwarna, kampung ini ikut ditata dan disulap sedemikian rupa menjadi kawasan yang indah dan semerbak bagia pelani. Atap, tembok, dan dinding masing – masing bangunan bisa dicat dengan perpaduan tiga warna sekaligus. Program ini merupakan hasil kerjasama dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh November (IKA – ITS) Surabaya.  

 

Kampung Warna – Warni Teluk Seribu, Balikpapan

 

(ksmtour.com)
(ksmtour.com)

Tidak hanya dihiasi dengan warna – warni khas pelangi, kampung ini juga dikemas menjadi menarik dengan lukisan, doodle, dan karya – karya lainnya. Rumah – rumah kayu di atas air di kampung tepi Sungai Manggar ini dihiasi dengan beragam karya seni dari para pelukis hingga anak – anak kecil yang turut menyumbangkan kreativitas mereka.

Kampung Lubuklinggau, Sumatera Selatan

 

(detik.com)
(detik.com)

Rumah – rumah di kawasan Linggau Ulu dan Ulak Surung di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan makin cantik setelah dihiasi dengan warna – warni tersebut. sebelumnya, dua kampug tersebut dikenal sebagai kampung yang sangat kumuh. Saat ini, tidak terlihat satu sampah pun yang berserakan di kawasan ini. tidak hanya itu, perekonomian masyarakat pun perlahan menjadi naik dikarenakan tempat ini menjadi destinasi wisata baru.

Kampung Penas, Jakarta

(merdeka.com)
(merdeka.com)

Kampung Penas di daerah Cipinang Besar Selatan dicat dengan berbagai warna. Berada di bantaran Kali Cipinang, Jakarta Timur, stereotype bahwa kawasan bantaran kali adalah kawasan kumuh menjadi cambuk bagi warga sekitar untuk mengubah pandangan tersebut. Sedikit demi sedikit, kmapung ini menjadi sedap dipandang mata. Tidak hanya itu, Penas pun mendeklarasikan diri sebagai kampung yang bebas dari asap rokok.

Kampung Pelangi, Semarang

 

(tribunnews.com)
(tribunnews.com)

Proyek bernilai 3 milyar untuk mengubah wajah kampung ini sukses menuai perhatian dunia. di sosial media,   foto – foto mengenai keindahan kampung yang terletak persis di sebelah Kali Semarang ini berseliweran dimana – mana. Bahkan, beberapa media dunia  seperti Vogue, The Independent hingga Travel + Leisure pun ikut membicarakan mengenai kampung ini. Tak heran, jumlah wisatawan pun semakin bertambah banyak.


Disadur dari berbagai sumber 

Pilih BanggaBangga61%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie