Grup Musik Perempuan Berkerudung yang Metal Abis

Grup Musik Perempuan Berkerudung yang Metal Abis
info gambar utama

Voice of Baceprot namanya, sering disingkat VoB. Nama ini bermakna suara bising, sesuai dengan aliran musik yang dipilih: metal. Musik metal identik dengan laki-laki berpenampilan sangar, namun tidak begitu dengan VoB.

Grup musik asal Kabupaten Garut, Jawa Barat ini, digawangi tiga perempuan yang miliki tampilan berbeda dibanding grup sejenis. Mereka mengenakan kerudung penutup rambut, dikenal dengan sebutan hijab. Mereka adalah Firdda Kurnia, Euis Siti Aisyah dan Widi Rahmawati.

Grup ini mereka dirikan pada 2014, sebagai sanggahan atas pemikiran tentang posisi perempuan muslim yang submisif dan tak dapat bersuara. Memakai kerudung bukan hambatan untuk meraih impinan menjadi pemusik metal. "Kesetaraan gender harus didukung agar perempuan muslim dapat terus mengembangkan diri, meski dengan tidak melupakan kewajiban sebagai muslim," jelas Firdda.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Sama seperti penonton musik metal lainnya, penonton VoB juga berjoget dan menghentakkan kepala. "Tak ada aturan yang mengharamkan perempuan berkerudung untuk bermain musik irama keras," jelas Teti Sari yang menonton pertunjukan VoB.

Grup ini merasa bahwa musik metal yang dimainkan perempuan berkerudung seperti mereka, belum dapat diterima oleh seluruh masyarakat. Termasuk di Garut, wilayah tempat tinggal mereka. "Perempuan berkerudung yang bermain musik metal, apalagi berteriak-teriak, masih dirasa tak pantas.

Memainkan musik religius, seperti gambus, kasidah dan salawat, dirasa lebih sesuai bagi budaya konservatif. Meski demikian, ulama setempat menyatakan bahwa muslimah yang memainkan musik metal tidak melanggar ketentuan agama.

Selain memainkan lagu Metallica dan Slipknot, VoB juga memainkan lagu milik sendiri. Mereka sering diundang dalam agenda seni di berbagai sekolah. Kisah VoB yang "meral abis" dan menantang stereotip ini, sampai ditulis oleh Kantor Berita Inggris Reuters pada Senin (29/05) lalu.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini