Lupa Sandi?

Satu-satunya Kampus di RI yang Raih Penghargaan dari Islamic Development Bank

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Satu-satunya Kampus di RI yang Raih Penghargaan dari Islamic Development Bank

Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih prestasi sebagai institusi yang memiliki “Outstanding Scientific & Technological Contribution to Social & Economic Development ” dari Islamic Development Bank (IDB). Penghargaan tersebut diberikan kepada lembaga-lembaga akademik maupun lembaga penelitian yang dianggap berkomitmen dalam penerapan teknologi untuk kesejahteraan sosial ekonomi negaranya.

UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang meraih penghargaan IDB Prizes tahun ini.

Dua institusi lainnya yang menerima penghargaan adalah Universiti Teknologi Malaysia dan University of Gezira, Sudan. Penghargaan diterima langsung Rektor UI Muhammad Anis dalam ajang IDB Prizes for Science and Technology 15th Edition di Jeddah, Saudi Arabia, Selasa 16 Mei 2017.‎ 

“Kami sangat bangga atas penghargaan ini dan hibah akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabilitas dan produktivitas riset dan inovasi di UI. Sehingga UI mampu memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat," kata Anis dalam keterangan tertulis, Jumat 19 Mei 2017). Pengoptimalan riset kedokteran serta pengembangan riset pusat maritim UI, menjadi‎ salah satu target pengembangan UI, Dana hibah akan dimanfaatkan untuk mengejar target itu.

Dua pusat pengembangan riset yang tengah dioptimalkan UI adalah Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) dan Maritime Research Center (IMAREC). Penghargaan IDB diberikan kepada lembaga akademik maupun lembaga penelitian yang dianggap berkomitmen dalam penerapan teknologi untuk kesejahteraan sosial ekonomi negaranya.

IDB Prizes

IDB merupakan lembaga keuangan pembangunan multilateral. IDB memiliki misi utama pengentasan kemiskinan bagi negara-negara anggotanya. Salah satu upaya IDB mengentaskan kemiskinan adalah mendorong inovasi atau kreasi dari individu atau lembaga penelitian negara-negara anggotanya. Indonesia menjadi negara anggota yang didorong IDB menyelasikan berbagai persoalan tersebut.  

Inovasi diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan ajang IDB Prizes merupakan dukungan IDB guna‎ mewujudkan inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan serta. Ajang ini juga dipandang sebagai bentuk kepedulian IDB pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.IDB Prizes terbagi dalam tiga kategori yaitu kontribusi wanita bagi pembangunan, ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi dan keuangan Islam. 

IDB Prizes untuk ilmu pengetahuan dan teknologi telah diberikan sejak 2002. Sejumlah negara penerima hibah dari penghargaan itu adalah‎ Azerbaijan, Bangladesh, Iran, Kazakhstan, Kuwait, Malaysia, Moroko, Pakistan, Palestina, Senegal, Sudan, dan Turki.

Sumber dan referensi :

sci.ui.ac.id

Pikiran Rakyat

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata