Lupa Sandi?

Penampakan dan Spesifikasi Tank Produksi Bersama Turki-Indonesia

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
 Penampakan dan Spesifikasi Tank Produksi Bersama Turki-Indonesia

Beberapa waktu lalu. di International Defence Industry Fair 2017 di Istanbul Turki awal Mei lalu,  muncullah sebuah prototype tank tempur hasil produksi bersama Turki dan Indonesia.  PT Pindad (Persero) dan perusahaan asal Turki FNSS berkolaborasi dalam menggarap medium tank sejak 2015 lalu. Prototipe medium tank pertama pun sudah selesai, dan diberi nama KAPLAN MT Modern Medium Weight Tank. 

Kaplan MT | Lancercell.com
Kaplan MT | Lancercell.com

Tank medium ini bermesin diesel dengan sistem transmisi otomatis, memiliki berat 30-40 ton. Dengan ukurannya yang lebih kecil dari tank pada umumnya, medium tank 7 meter x 3,2 meter x 2,7 meter, ini mampu mengangkut 3 personel, terdiri dari juru kemudi, juru tembak, hingga pemberi komando. 

Kaplan MT | FNSS
Kaplan MT | FNSS

KAPLAN MT membawa sebuah nafas baru ke medan perang dengan kemampuan tembakan langsung yang akurat, berbagai pilihan amunisi mulai dari dukungan tembakan jarak dekat dengan amunisi anti-tank, mobilitas taktis dan strategis yang superior.

Interior Kaplan MT | defence.pk
Interior Kaplan MT | defence.pk

Tank ini didukung oleh power pack di bagian belakang kendaraan, yang memberikan rasio power-to-weight sekitar 20 HP / ton. Mesin memindahkan tenaga ini ke sistem penggerak, yang memiliki sistem suspensi anti-shock enam roda dengan tuas ganda yang dipasang pada torsi bar, seperti dirilis oleh website FNSS.

FNSS-Pindad Kaplan MT medium weight tank | FMK
FNSS-Pindad Kaplan MT medium weight tank | FMK

KAPLAN MT juga dilengkapi dengan sistem manajemen medan perang (battlefield management system) dan sistem peringatan laser (laser warning system) yang memberikan kesadaran taktis kepada komandan kendaraan.

Mampu melesat hingga 70 km per jam, KAPLAN MT mampu menjangkau jarak tempuh maksimal sekali jalan 450 km. Medium tank ini juga dilengkapi dengan meriam dengan kaliber 105 mm yang diadopsi dari Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense dari Belgia dan 7.62 mm Coaxial Machine Gun. 

Dilansir dari Detikcom, Prototipe kedua tank ini sedang memasuki tahap produksi di Bandung, Jawa Barat, di mana sedikitnya ada 15 desainer Pindad yang dilibatkan untuk merealisasikan medium tank tersebut. Prototipe kedua yang digarap sendiri oleh Pindad ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Sumber dan referensi :

FNSS.com.tr

Lancercell.com 

Label:
tank
kaplan
Pilih BanggaBangga73%
Pilih SedihSedih1%
Pilih SenangSenang5%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau9%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara