Lupa Sandi?

Pameran Terbesar di Asia Tenggara Siap Digelar di Jakarta

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Pameran Terbesar di Asia Tenggara Siap Digelar di Jakarta

Jakarta International Expo bakal kembali dijejali masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru. Pasalnya even pameran Jakarta Fair yang ke 50 telah siap digelar. Agenda yang diklaim sebagai pameran yang terbesar dan terlama di Asia Tenggara ini, akan berlangsung pada 8 Juni hingga 16 Juli 2017. Diperkirakan pengunjung tahun ini akan mencapai even pada tahun ini akan didatangi kurang lebih 5 juta pengunjung.

Dalam konferensi pers Senin (5/6) lalu dijelaskan bahwa agenda yang menjadi rangkaian peringatan HUT DKI Jakarta ini, bertema "Membangkitkan Kesadaran Memperluas Lapangan Kerja bagi Rakyat Banyak". Berbarengan dengan bulan puasa dan momen lebaran, Jakarta Fair 2017 akan lebih banyak memberikan fasilitas penunjang berupa kemudahan beribadah lewat fasilitas musala dan masjid termasuk mengadakan sholat taraweh berjamaah. "Shopping tapi ibadah juga tetap jalan," kata Marketing Director PT Jakarta International Expo Ralph Sheunemann.

Baca Juga

Pada even akbar tahun ini ada ribuan hadiah yang disediakan untuk menarik perhatian masyarakat sekitar Jakarta untuk datang, beberapa diantaranya adalah 5 hadiah utama berupa mobil, 50 motor dan 500 ponsel pintar. Selain itu juga ada penampilan dari berbagai artis nasional dan indie untuk menambah keseruan even. Atraksi utama berupa kembang api bahkan diadakan sebanyak empat kali pada tahun ini, yakni saat pembukaan, HUT DKI Jakarta, hari H idul Fitri dan juga saat penutupan. Lewat berbagai atraksi dan hadiah diharapkan pada even tahunan yang telah berlangsung sejak 1968 ini akan mampu menjaring lebih dari 5,7 juta pengunjung dalam satu bulan.

Sebagaimana diusung dalam tema, Jakarta Fair pada tahun ini lebih menekankan pada kontribusi pameran terhadap penyediaan lapangan kerja dan kesempatan ekonomi bagi masyarakat. "Kami lebih menekankan pada bagaimana kami bisa menyediakan lapangan kerja. Even pada tahun ini kurang lebih telah menyerap 10.000 pekerja baik dari SPG (sales promotion girl), petugas keamanan, kebersihan dan lainnya. Pikirkan multiplier effectnya," tekan Ralph.

Konferensi pers Jakarta Fair (5/6) (Foto: Bagus DR/GNFI)
Konferensi pers Jakarta Fair (5/6) (Foto: Bagus DR/GNFI)

Ralph juga menambahkan bahwa pada tahun ini akan terdapat inovasi berupa penggunaan aplikasi ponsel yang tersedia di Android dan iOS. "Aplikasi ini akan menjadi pusat informasi selama penyelenggaraan Jakarta Fair 2017. Mulai dari informasi peta, akses venue, undian hadiah, dan diskon-diskon khusus dari tenan. Semuanya tersedia dalam satu aplikasi dan kami akan menjamin wi-fi akan aktif 100%" ungkapnya.

Isu tentang keamanan tentu saja akan menjadi hal yang krusial pada even Jakarta Fair 2017 mengingat pameran ini akan dihadiri jutaan orang. Terlebih pada bulan Mei yang lalu DKI Jakarta kembali digoncang oleh ledakan bom di Kampung Melayu. Namun pihak penyelenggara mengatakan telah mengantisipasi hal ini dengan menyediakan pengamanan maksimum.

"Pengamanan menjadi prioritas, kami telah berkordinasi dengan pihak TNI dan Polri dengan tenaga keamanan mencapai 3.000 personel. Pengamanan juga melibatkan personel dari intel dan K9 (satuan anjing pelacak). Kami berharap pengunjung menjadi aman dari kejahatan, baik itu kejahatan pencopetan, dan sebagainya sehingga merasa nyaman membawa keluarga," jelas General Manager PT. Jakarta International Expo, Oki Setiawan.

Besarnya jumlah penyerapan tenaga kerja dan juga target pengunjung, menjadikan even tahunan yang juga bagian dari rangkaian peringatan HUT DKI Jakarta ini menjadi even terbesar di Asia Tenggara. Bahkan pihak penyelenggara mengklaim, even ini menjadi pusat perhatian di Asia. "Even ini telah berskala internasional, kami akan memberikan yang terbaik untuk para konsumen," imbuh Oki.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata