Viral, Konon Inilah Gerbang Tol Terindah di Indonesia

Viral, Konon Inilah Gerbang Tol Terindah di Indonesia
info gambar utama

Sebuah gerbang jalan tol di Indonesia mendadak viral. Gerbang tol Salatiga di seksi III Bawen-Salatiga, Tol Semarang-Solo memang memiliki pemandangan yang panoramik dan artistik.

Pengguna sosial media ramai memperbincangkan salah satu foto gerbang tol ini dan mengatakan bahwa gerbang Tol Salatiga punya view amat indah dengan latar belakang Gunung Merbabu yang elok.

Panoramic Tol Road Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ), Fauzi Abdul Rahman mengatakan, latar belakang pemandangan gerbang Tol Salatiga memang bagus dengan adanya Gunung Merbabu.

"Kebetulan desainnya memang di belakang ada Gunung Merbabu," ujar Fauzi seperti dikutip oleh Kompas.com.

Gerbang Jalan Tol Salatiga di ujung ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Foto ini beredar dan menjadi viral di media sosial.
info gambar

PT TMJ sendiri memang memiliki tagline "panoramic tol road", karena kebetulan jalan tol Semarang-Solo yang dibangun kondisi lingkungannya masih hijau asri. Didengan latar belakang sawah, lembah, dan pegunungan.

"Secara umum jalan tol Semarang-Solo, Semarang-Salatiga ini khususnya, memang kita menyebut panoramic tol road. Karena memang ya alhamdulilah kita mendapatkan lingkungan yang kanan kiri yang menurut kami itu indah, ada sawah, gunung, ada lembah," lanjutnya.

Gerbang tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017).(KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR)
info gambar

Terdapat delapan lajur di gerbang Tol Salatiga. Rest Area, saat ini sedang disiapkan. Lokasinya ada di kilometer 49+300. Gerbang Tol Salatiga sendiri ada di kilometer 53, sehingga lokasinya tidak jauh.

"Keluar sedikit itu sudah Kota Salatiga. Ada exit-nya. Sama ke jalan alternatif menuju Jawa Timur dekat Ngawi, ke Madiun. Salatiga sendiri di kotanya terkenal kulinernya sama tempat wisatanya juga," ujar salah satu staf operasional PT TMJ.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Soal desain gerbang tol dan penempatan lokasi, tidak disebutkan apakah sengaja dibangun di lokasi dengan latar belakang gunung tersebut atau bukan. Termasuk mengenai pendapat netizen di media sosial yang menyamakan dengan gerbang tol yang disebut-sebut ada di Swiss.

Tol Semarang-Solo nantinya akan memiliki panjang total kurang lebih 75,2 kilometer. Tol ini dibagi menjadi empat seksi, seksi I Semarang-Ungaran sekitar 11 kilometer, seksi II Ungaran-Bawen sekitar 12 kilometer, dan seksi III Bawen-Salatiga 17,56 kilometer.

Artikel ini pertama kali muncul di Kompas.com pada 7 Juni 2017 berjudul:

Viral, Foto Gerbang Tol Salatiga dengan Latar Belakang Gunung Merbabu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini