Daftar Terbaru: 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

 Daftar Terbaru: 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia
info gambar utama

Sembilan universitas di Indonesia masuk dalam urutan rangking kampus duniaversi pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018. Universitas Indonesia (UI) berada di nomor urut 1 untuk peringkat di Indonesia dan nomor urut 277 peringkat dunia.

Pemeringkatan itu menunjukkan tiga perguruan tinggi negeri di Indonesia masuk dalam peringkat 500 besar universitas terbaik dunia. Ketiga universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Bahkan, dari ketiga universitas itu, UI berhasil masuk ke jajaran 300 universitas terbaik di dunia.

Universitas Indonesia naik 48 peringkat, dari tahun sebelumnya di posisi 325 sekarang di posisi 277. Institut Teknologi Bandung juga naik di peringkat 331, sedangkan Universitas Gadjah Mada naik menjadi peringkat 402.

Selain ketiga perguruan tinggi itu, ada enam kampus lain di Indonesia yang masuk daftar peringkat kampus dunia. Berturut-turut adalah Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Brawijaya.

Sumber gambar : dream.co.id
info gambar

Peringkat terbaru tersebut dirilis di laman www.topuniversities.com, Rabu (8/6/2017). Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking merupakan pemeringkatan yang menjadi acuan resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk menentukan kampus yang masuk World Class University.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh QS World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. Pemeringkatan didasarkan beberapa faktor, yaitu academic reputation, citation [predikat] per faculty, employer reputation, faculty student, international faculty, dan international student.

Berikut daftar lengkap 9 universitas Indonesia yang masuk peringkat dunia:
1. Universitas Indonesia
2. ITB
3. UGM
4. Universitas Airlangga
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
6. Universitas Diponegoro
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
9. Universitas Brawijaya.

Sumber dan referensi :

www.timeshighereducation.com | Berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini