Lupa Sandi?

Masyarakat Indonesia Meriahkan Hari Kemerdekaan Kanada ke-150 di Montréal

Sosbud Ottawa
Sosbud Ottawa
0 Komentar
Masyarakat Indonesia Meriahkan Hari Kemerdekaan Kanada ke-150 di Montréal

Montréal (1/7) - Kemeriahan Peringatan Hari Kemerdekaan Kanada atau yang dikenal dengan Canada Day tak hanya dinikmati oleh warga Kanada tetapi juga masyarakat perantauan, termasuk masyarakat Indonesia. Di kota Montréal, komunitas Indonesia yang tergabung dalam Association de la Communauté Indonésienne du Québec (ACIQ) tak mau ketinggalan dalam memeriahkan Canada Day ke-150 dengan turut berpartisipasi dalam parade budaya tahunan tersebut. ACIQ saat ini dipimpin oleh Ibu Dialin Putri Dahlan, diaspora Indonesia yang telah bermukim di Kanada selama lebih dari 15 tahun.

Khusus tahun ini di perayaan Canada Day yang ke 150 tahun, ACIQ menggalang masyarakat Indonesia dì Montréal untuk berpartisipasi dengan mengusung tema parade kostum nusantara. Kontingen Indonesia yang terdiri dari orang dewasa hingga anak kecil tersebut berbaris rapih dengan mengenakan pakaian adat lengkap dengan hiasan dari berbagai daerah seperti Batak, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Tak lupa setiap peserta membawa dan melambaikan bendera Indonesia dan Kanada untuk semakin memeriahkan pawai.

Tak hanya itu, sepanjang parade sejauh sekitar 2 km tersebut, kontingen Indonesia juga menampilkan Tari Sesonderan secara terus-menerus dan diiringi oleh mobil yang dihias cantik dengan ornamen dan kain khas Indonesia. Rintik hujan sepanjang parade tidak mematahkan semangat para penari untuk terus menghibur para penonton.

Warga setempat yang menonton parade tampak antusias menyambut kontingen Indonesia, terlihat dari sorakan para penonton terhadap kontingen Indonesia di sepanjang jalanan parade.

Duta Besar Indonesia untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah dalam siaran persnya menyampaikan apresiasinya atas kreatifitas masyarakat Indonesia di Montréal dalam memeriahkan parade Canada Day tahun ini.

"Diaspora Indonesia memegang peranan penting bagi upaya promosi budaya Indonesia di luar negeri. Partisipasi mereka dalam kegiatan seperti parade Canada Day ini perlu didukung karena merupakan kesempatan yang bagus sebagai ajang untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat asing," tambah Dubes Faizasyah.

Canada Day merupakan perayaan hari jadi Kanada yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Seperti halnya HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Canada Day diperingati dengan berbagai kegiatan meriah, seperti konser, piknik, bazar, parade, dan kemeriahan lainnya. Di Montréal, Provinsi Quebec, Canada Day diperingati dengan parade budaya sepanjang jalan raya Sainte-Catherine sampai Place du Canada yang khusus ditutup untuk pawai dari berbagai macam komunitas dan organisasi setempat. Selain komunitas Indonesia turut berpartisipasi juga komunitas dari berbagai negara pada peringatan Canada Day ke 150 ini, di antaranya Brazil, Irlandia, dan Filipina.


Sumber: KBRI Ottawa

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG SOSBUD OTTAWA

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara