Obama Puji Toleransi di Indonesia

Obama Puji Toleransi di Indonesia
info gambar utama

Dalam pidatonya sebagai pembicara utama dalam Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama menyampaikan berbicara tentang "Globalisasi dan Prulalisme". Agenda yang berlangsung Sabtu (1/07) itu, Obama jelaskan berbagai hal yang menjadi kekuatan utama bangsa Indonesia. Keragaman merupakan salah satunya.

Keragaman Indonesia, menurut Obama, menjadi kekuatan yang akan membuat Indonesia miliki posisi penting. Tak hanya di Indonesia, namun juga di kancah global. Berikut petikannya.

"Keberagaman merupakan konstitusi Indonesia, yang disimbolkan dengan masjid, kuil dan gereja yang berdiri saling berdampingan. Masyarakat (dari agama berbeda) pun hidup harmonis dalam damai, saling menghormati satu sama lain.

Semangat tersebut menggambarkan secara utuh Indonesia. Karakter khas ini dapat menjadi contoh baik bagi negara lain di dunia. (Sebagaimana tercermin dalam) Bhinneka Tunggal Ika, yaitu bersatu dalam keberagaman.

Jika manusia tidak memiliki sikap toleransi dan menghargai, cepat atau lambat masyarakat akan terpecah-belah. Sebab, tidak semua orang menyetujui cara orang lain beribadah. Jika kita dapat menghargai perbedaan, manusia akan selalu melekat.

Kita harus saling menghargai satu sama lain. Saya yakin, jika (masing-masing) kita memiliki keyakinan yang kuat, maka kita tak perlu menghawatirkan keyakinan yang dianut oleh orang lain."

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini