Pembinaan kepramukaan masih terus aktif di ruang lingkup pendidikan berbasis keagamaan, sebagaimana yang dilakukan Ponpes Darusalam Gontor Putri yang berada di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Nuansa lebaran juga masih terasa pada pembinaan kepramukaan yang berlangsung sejak pagi hingga siang ini, karena baru seminggu yang lalu Hari Raya Idul Fitri secara serentak dirayakan, minggu (02/07/2017)

“Gerakan kepanduan tidak bisa dilepaskan dalam sejarah perjalanan bangsa ini. Banyak para pahlawan kita yang mengawali perjalanan hidupnya melalui gerakan kepanduan. Sebut saja Jenderal Sudirman, dulunya beliau juga aktif dalam gerakan kepanduan. Bahkan dulunya, gerakan kepanduan menjadi favorit bagi pemuda bangsa ini,” kata Ustadz H.Hamim Syuhada selaku pengasuh Ponpes Darusalam Gontor Putri.

Ustadz H.Hamim Syuhada meyakini, kalau gerakan kepanduan sangat dominan membangun karakter kepribadian, terutama generasi muda, karena dalam setiap materi yang ada dalam kepanduan seperti kepramukaan ini, banyak sisi positif yang bisa membangkitkan kepercayaan diri, watak kebersamaan dan pandangan seseorang. Kegiatan kepramukaan di Ponpes Darusalam Gontor Putri ini, sudah berlangsung sejak Ponpes ini berdiri tegak di Kecamatan Kandangan, dan setiap pelaksanaan kegiatannya, baik Koramil 15/Kandangan ,Polsek Kandangan maupun Puskesmas Kandangan selalu dilibatkan didalamnya.

Pembinaan kepramukaan yang dijalani siswa/siswi Ponpes Darusalam Gontor Putri bersama anggota Koramil Kandangan kali ini ,mengutamakan pendidikan dan pelatihan baris berbaris, sedangkan dipenghujung acara, Danramil Kandangan, Kapten Czi Kustoyo menyampaikan wawasan kebangsaan dengan tema “Mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika Di Tengah Keberagaman”. Pendidikan dan pelatihan baris berbaris yang berlangsung sejak pagi tadi, diikuti sekitar 250an siswa/siswi Ponpes Darusalam Gontor Putri, dan sesuai tradisi turun temurun, terlebih dahulu ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” dan “Mohon Maaf Lahir dan Batin” diucapkan sambil bersalaman dengan anggota Koramil Kandangan yang melatih saat ini.

“Sejak dulu, setiap ada kegiatan kepramukaan yang berkaitan dengan baris berbaris, Koramil Kandangan selalu dilibatkan. Untuk kegiatan kadarkum, yang identik dengan materi bahaya narkoba dan ketertiban lalu lintas, Polsek Kandangan selalu menjadi pengisi acara. Sedangkan untuk kegiatan yang identik dengan kesehatan, Puskesmas Kandangan yang mengisi acaranya,” ungkap Kapten Czi Kustoyo.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu