Segera, Bank Nasional Indonesia Terbesar Merambah Malaysia

Segera, Bank Nasional Indonesia Terbesar Merambah Malaysia
info gambar utama

Setelah kantongi lisensi Qualified ASEAN Bank (QAB), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan membuka kantor cabang penuh di Malaysia.

Kantor cabang yang akan mulai beroperasi akhir 2017 ini, diberi nama Bank Mandiri Berhad. Cabang pertama tersebut akan dibuka di Kuala Lumpur. Berkembangnya kegiatan bisnis indonesia di seluruh ASEAN, termasuk Malaysia, menjadi alasan kehadiran Bank Mandiri di negara tersebut.

Bank Mandiri merupakan bank pertama di Indonesia yang memperoleh lisensi QAB. QAB merupakan bank yang miliki kualifikasi untuk lakukan ekspansi di kawasan ASEAN. Dengan lisensi tersebut, Bank Mandiri diperlakukan setara dengan bank-bank lokal yang beroperasi di Malaysia.

Untuk mendapat lisensi ini, bank harus miliki lima kriteria, yaitu dikelola dengan baik (well managed), memiliki cukup banyak modal (well capitalised), mendapatkan rekomendasi dari otoritas (recommended by authorities), lulus ketentuan Base dan merupakan bank yang dinilai penting di negara asalnya.

Bank Mandiri Berhad akan menjadi layanan perbankan penuh pertama yang dibuka di luar wilayah Indonesia bagi Bank Mandiri. Saat ini Bank Mandiri telah memiliki tujuh kantor luar negeri, yang terdiri atas lima cabang dan dua anak perusahaan.

Kelima cabang terletak di Cayman Islands, Dilli Timor Leste, Hongkong, Shanghai dan Singapura. Sedangkan kedua anak perusahaan terletak di London, Inggris bernama Bank Mandiri Europe Limited serta di Malaysia dengan nama Mandiri International Remittance (MIR).

MIR bergerak di jasa pengiriman uang. Saat ini telah miliki 13 outlet yang tersebar di sejumlah lokasi. Pekerja migran asalh Indonesia dan sejumlah perusahaan di Malaysia menjadi pelanggannya.

Selain Malaysia, Bank Mandiri juga tengah menjajaki perluasan jaringan di sejumlah negara lain ASEAN, seperti Malaysia, Myanmar dan Filipina.

Selanjutnya di kompas.com.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini