Lupa Sandi?

Desa Terdingin di Indonesia, Kadang Suhu Mencapai Titik Beku

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
2 Komentar
Desa Terdingin di Indonesia, Kadang Suhu Mencapai Titik Beku

Kota yang menjadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua ini memiliki daratan seluas 883 km persegi dan berada pada ketinggian 2.448 mdpl dan diketahui menjadi kota paling dingin di Indonesia, yaitu Distrik Mulia atau Kota Mulia.

Wilayah ini menjadi kawasan permukiman penduduk tertinggi di Indonesia lantaran berada di ketinggian 2.448 mdpl. Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa, dengan luas wilayah 883 km2. 

 Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papu | tribunnews.com
Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papu | tribunnews.com

Pada malam hari, suhu di kota ini mencapai 9 derat celcius. Bahkan, karena jaraknya tidak begitu jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya, membuat suhu udara di wilayah ini bisa turun  hingga mencapai titik beku. Selain itu, untuk curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya Wijaya menurut data dari Badan Meteorologi dan Geofisika terjadi hampir sepanjang tahun.

Sekolah negeri di Distrik Mulia | Sekolah Kita
Sekolah negeri di Distrik Mulia | Sekolah Kita

Untuk bisa menikmati suhu paling dingin di Indonesia ini, dapat ditempuh selama satu jam dari kota Jayapura menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya memuat sembilan penumpang. 

Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

Perjalanan darat | ediginting.com
Perjalanan darat | ediginting.com

Selain itu, bisa juga menggunakan jalur darat untuk menuju Distrik Mulia dengan jarak tempuh selama 16 jam. Tantangannya, perjalanan jalur darat ini harus melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Bahkan, melewati pegunungan yang berbukit dengan jurang curam di sisi kiri dan kanan.

Sumber: Surya Malang | kartini | tribunnews

Pilih BanggaBangga22%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau60%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas